Abstrak
Pengaruh Job Involvement Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Poltekkes TNI AU Ciumbuleuit Studi Pada Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Poltekkes TNI AU Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja
Martha Dewi Maharani A.
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
educators., Job Involvement, kualitas pelayanan, quality of service, tenaga pendidik dan kependidikan
Globalisasi telah melahirkan tuntutan-tuntutan baru pada institusi pendidikan tinggi. Pendidikan merupakan cara yang paling efektif dalam menghadapi globalisasi. Perguruan tinggi merupakan salah satu penyedia jasa pendidikan yang memiliki peran dan posisi strategis dalam pencapaian tujuan pendidikan. Komponen-komponen utama dalam pendidikan yaitu adanya kurikulum, peserta didik, pengajar, sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran rinci dan lengkap mengenai job involvement dan kualitas pelayanan pada Poltekkes TNI AU, serta menyusun rancangan intervensi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja berdasarkan pengaruh job involvement terhadap kualitas pelayanan di Poltekkes TNI AU. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa job involvement tenaga pendidik dan kependidikan berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan. R2 sebesar 0,144 mengandung pengertian bahwa pengaruh job involvement terhadap kualitas pelayanan pada tenaga pendidik adalah sebesar 14,4% dan R2 sebesar 0,357 mengandung pengertian bahwa pengaruh job involvement terhadap kualitas pelayanan pada tenaga kependidikan adalah sebesar 35,7%. Intervensi yang dibuat dengan tujuan untuk mempertahankan job involvement yang tinggi yang telah terbentuk sekaligus penanggulangan dini pada permasalahan yang muncul dikemudian hari sebagai akibat dari kurang optimalnya dimensi-dimensi dari kualitas pelayanan.
Globalization has given rise to new demands on higher education institutions. Education is the most effective way in the face of globalization. The college is one of the educational service provider that has a role and strategic position in achieving educational goals. The main components in education is the curriculum, students, faculty, facilities, and infrastructure. This study aimed to obtain a detailed and comprehensive picture of the job involvement and quality of service in Poltekkes TNI AU, and to develop the design of interventions that can be used to improve performance based on the effect of job involvement on the quality of service in Poltekkes TNI AU. The results of this study indicate that the job involvement educators significantly affect the quality of service. R2 of 0,144 implies that the effect of job involvement to service quality in teaching staff is 14.4% and R2 of 0,357 implies that the effect of job involvement to service quality in education personnel is 35,7%. Interventions were made with the aim of maintaining high job involvement that has formed at the same time early response to problems that arise in the future as a result of a less optimal dimensions of service quality.