Abstrak RSS

Pengaruh Pemberian Gambar Ilustratif Berwarna Pada Slide Persentasi Terhadap Kemampuan Mengingat Materi Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Angkatan 2012

Pengaruh Pemberian Gambar Ilustratif Berwarna Pada Slide Persentasi Terhadap Kemampuan Mengingat Materi Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Angkatan 2012
Praghia Luthfitayana
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
, ,

Memory adalah salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam menyusun proses belajar. Mediation Theory mengatakan bahwa untuk meningkatkan efektifitas proses belajar, maka jalan terbaik adalah mengombinasikan gambar objek dengan bahasa verbal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh gambar ilustratif berwarna terhadap kemampuan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Angkatan 2012 dalam mengingat materi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan teknik simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak 35 responden dengan IPK 3 hingga 3,5. Alat ukur yang digunakan adalah slide berisi materi (beserta gambar ilustratif pada kelompok eksperimental) dan soal berupa isian singkat mengenai materi yang diberikan. Hasil dari penelitian diatas menunjukkan perbedaan skor daya ingat antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimental. Telah dikatakan sebelumnya bahwa pemberian atau tidaknya gambar ilustratif berwarna berpengaruh pada perbedaan skor daya ingat yang didapat. Dimana skor daya ingat pada kelompok eksperimental memiliki nilai yang lebih tingi, dengan kata lain pemberian gambar ilustratif berwarna dapat meningkatkan daya ingat, yang telah dibuktikan melalui skor tersebut.

Download: .PDF