Abstrak RSS

Persebaran Kosakata Belanda di Berbagai Bahasa di Dunia

Persebaran Kosakata Belanda di Berbagai Bahasa di Dunia
Sugeng Riyanto
Universitas Padjadjaran, Makalah dibentangkan di Seminar Internasional Kajian Leksikologi dan Leksikografi Mutakhir, 7 Mei 2013, di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Depok.
Bahasa Indonesia, Bahasa Belanda
Universitas Padjadjaran, Makalah dibentangkan di Seminar Internasional Kajian Leksikologi dan Leksikografi Mutakhir, 7 Mei 2013, di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Depok.
,

Bahasa Belanda tidak hanya meminjamkan kosakatanya pada bahasa dari negara-negara yang dulu menjadi koloninya, yakni yang terbesar adalah Indonesia dan yang lebih kecil adalah Afrika Selatan dan Suriname. Belanda juga pernah menduduki Malakka dan Sri Langka. Di Jepang Belanda pernah bercokol di pulau Deshima. Sebagai pelaut dan pedagang ulung orang Belanda pada masa lampau juga singgah di berbagai belahan benua lain dan ternyata bahasa Belanda juga meminjamkan banyak kata di bahasa-bahasa lainnya, misalnya bahasa Rusia, bahasa Cina, bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Turki, dan bahkan bahasa Arab. Dalam bahasa Indonesia banyak kata diserap dari bahasa Belanda, misalnya: amplop, ban, dongkrak, koalisi, kusen, parlemen, politik, gratis. Kata-kata itu dalam bahasa Belanda adalah enveloppe, band, dommekracht, coalitie, kozijn, parlement, politik, gratis. Bahasa-bahasa lain di Indonesia, selain bahasa Indonesia juga menyerap kosakata bahasa Belanda. Dalam bahasa Jawa dikenal kata pit ‘sepeda’, potlot ‘pensil’, dan kelar ‘selesai’; tiga kata yang berasal dari fiets, potlood, dan klaar. Bahasa Sunda menyerap kelar, bus, onerdil (dalam bahasa Belanda bus, onderdeel). Bahasa Melayu Manado menyerap birman ‘tetangga’ (dalam bahasa Belanda buurman), snup ‘kudapan’ (dalam bahasa Belanda snoep). Bahasa Melayu Jakarta, Melayu Ambon, bahasa Madura, dan bahasa lain juga menyerap banyak kosa kata Belanda. Makalah ini membahas ekspansi bahasa Belanda ke berbagai bahasa-bahasa lain di dunia, yakni persebaran kosakata Belanda ke pelbagai bahasa yang ada di berbagai belahan dunia. Pembahasan diawali dengan sejarah ringkas ekspansi bahasa Belanda dan dilanjutkan dengan jumlah kata yang dipinjamkan pada berbagai bahasa beserta contoh kata-katanya. Pembahasan dilanjutkan dengan ulang-alik kata serapan dan etnolek. Setelah itu dibahas ekspansi mutakhir dari bahasa Belanda. Akan dibahas juga jenis kosakata dan medan makna apa saja yang dipinjamkan itu.

Download: .PDF