Abstrak
Penyebaran Bahasa Sunda pada Mahasiswa Unpad yang Berbahasa Pertama Bahasa Lain
Dr. Sugeng Riyanto, M.A., Dr. H. Agus Nero Sofyan, M.Hum., Tatang Suparman, M.Hum.
Universitas Padjadjaran, Prosiding Laporan Penggunaan Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Prosiding Laporan Penggunaan Bahasa Indonesia
Bahasa Sunda, cue, language backround, language use, latar belakang bahasa, penggunaan bahasa, situasi percakapan, Sundanese language
Para mahasiswa yang belajar di berbagai fakultas di Universitas Padjadjaran kampus Jatinangor sedikit banyak menggunakan bahasa Sunda dalam komunikasi di dalam kampus dan di sekitar kampus. Hal itu terbukti dari hasil penelitian yang dilaporkan di sini. Dengan metode penelitian berancangan kuantitatif data dikumpulkan dari pembahan yang merupakan mahasiswa dari seluruh fakultas yang ada di Unpad Jatinangor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para mahasiswa berani menggunakan bahasa Sunda meskipun dalam tahap yang ‘kadang-kadang’. Meskipun bedanya sedikit pembahan mahasiswa lebih banyak menggunakan bahasa Sunda dari pada pembahan mahasiswi. Bahasa Sunda mereka gunakan lebih banyak di dalam kampus daripada di sekitar kampus. Lingkungan yang akrab merupakan lahan subur dalam penggunaan bahasa Sunda.
The students of various faculties at Padjadjaran University campus Jatinangor with language backround other than Sundanese language use more or less the Sundanese language for communication on the campus and around the campus. This is evident from the results of the study reported here. The quantitative research method is used. The data is collected from students from all faculties at Jatinangor. The results showed that the students try to use Sundanese although in stage ‘sometimes’. Although a little there are differences between female and male students in the use of the Sundanese language. Male students slightly use more Sundanese than female students. They use more Sundanese language on the campus than around the campus. Familiar environment is the best cue in the use of language.