Abstrak
Rancangan Program Intervensi Orientasi Masa Depan Dalam Melanjutkan Pendidikan Pada Remaja Awal Di Desa Mekarmanik Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Jawa Barat
Nena Namira Ayesha
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Future orientation in continuing educations, Interventions design program of develop self motivation training, Orientasi masa depan dalam melanjutkan pendidikan, Rancangan program intervensi melalui pelatihan membangun motivasi diri
Penelitian ini berjudul rancangan program intervensi orientasi masa depan dalam melanjutkan pendidikan pada remaja awal di Desa Mekarmanik Kabupaten Bandung Jawa Barat (Dalam konteks pengembangan komunitas masyarakat dengan upaya meningkatkan orientasi masa depan dalam melanjutkan pendidikan melalui pelatihan membangun motivasi dalam diri pada remaja awal). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh rancangan program intervensi yang tepat melalui perspektif psikologi komunitas, dalam rangka meningkatkan orientasi masa depan dalam melanjutkan pendidikan pada remaja awal di Desa Mekarmanik. Konsep orientasi masa depan yang digunakan menurut Seginer (2009). Metode penelitian dalam penelitian ini terbagi menjadi dua berdasarkan tujuannya, 1) asesmen penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif dan 2) evaluasi rancangan program intervensi dengan pre – experimental design. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 157 responden remaja awal yang sedang menempuh pendidikan menengah lanjutan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara , kuesioner dan literatur. Hasil penelitian menunjukan rendahnya ketiga tahapan pembentuk orientasi masa depan yaitu motivational, representative cognitive, dan behavior dalam melanjutan pendidikan. Didasari kurangnya motivasi remaja untuk melanjutkan, maka rancangan program intervensi melalui pelatihan membangun motivasi dalam diri sebagai landasan awal meningkatkan orientasi masa depan dalam melanjutkan pendidikan.
The titled of this research is design program interventions of future orientation in continuing educations in the early adolescents in the Mekarmanik village, Bandung district, West Java. The research’s purpose is to raise awareness of the importance of continuing education in the early adolescents in the Mekarmanik village by using the concept of the future orientation by Seginer (2009) through the stages of motivation, representations cognition, and behavior. The research approach was divided into two, they are quantitative approach and pre-experimental approach. Quantitative approach was utilize while collecting data, while pre-experimental approach was utilize to drafting the intervention program based on the data. The research method itself is descriptive analysis. The collection of data through observation and questionnaires to 157 samples of respondent consist of early adolescents in junior high school. The sampling technique is simple random sampling. The results showed that early adolescents in the Mekarmanik village have less motivation for continuing educations. Therefore, the design of interventions program related to develop self motivation in continuing education as initiation to establish the future orientation.