Abstrak
Modifikasi “Making Request Skill Training” Untuk Meningkatkan Indikator Perilaku Making Request Pada Anak Usia 5 Tahun Yang Pemalu
Hasya Rahmania Maulani
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
basic social skill, making request skill training, multiple baseline analysis, shyness, single subject design, social skills training
Penelitian berjudul Modifikasi Making Request Skill Training untuk Meningkatkan Indikator Perilaku Making Request Anak Usia 5 Tahun yang Pemalu ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk making request skill training yang tepat untuk meningkatkan keterampilan making request anak usia 5 tahun yang pemalu. Subjek penelitian adalah dua orang anak usia 5 tahun, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, berdasarkan hasil pengukuran Child Social Preference Scale memiliki skor minimal 1 SD ? rata-rata anak seusianya sehingga dapat dikategorikan pemalu, dan memiliki kesulitan dalam melakukan making request ketika berinteraksi dengan teman sebayanya. Pelatihan ini terdiri dari dua tahapan studi, yaitu perancangan panduan pelaksanaan pelatihan dan uji coba rancangan kepada subjek penelitian untuk melihat pengaruh pelatihan terhadap keterampilan making request subjek. Panduan Pelaksanaan Making Request Skill Training disusun dan dikembangkan berdasarkan intervensi MRST yang dirancang oleh Nazar (2015). Pengaruh pelatihan terhadap keterampilan making request subjek selanjutnya diuji dengan menggunakan pendekatan Single Subject (Small-n) Experimental Design yaitu dengan desain Multiple Baseline Analysis Across Individuals. Data diperoleh melalui observasi menggunakan behavioral checklist selama pengukuran awal, pelaksanaan pelatihan, dan pengukuran akhir, yang dianalisa secara deskriptif. Selain itu dilakukan juga pengukuran untuk melihat tingkat rasa ‘malu’ dan ‘takut’ subjek untuk melakukan making request kepada orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tujuan Instruksional Umum & Khusus untuk setiap sesi baik dari domain kognitif, afektif, maupun psikomotor dapat tercapai untuk kedua subjek. Namun secara spesifik, peningkatan dalam perilaku making request yang muncul secara konsisten hingga posttest hanya tercapai pada subjek AL, khususnya dalam mengatakan permintaan dengan jelas dan mengucapkan terima kasih setelah permintaannya terpenuhi. Pada subjek AR, peningkatan perilaku ‘mengatakan permintaan dengan jelas’ juga mengalami peningkatan, namun hanya muncul selama pelatihan berlangsung dan tidak bertahan hingga posttest dilakukan. Tingkat rasa malu dan takut dalam melakukan making request merupakan faktor yang berpengaruh terhadap hasil pengukuran skor perilaku making request, dimana pada sesi posttest subjek AR kembali merasa malu sehingga tidak dapat melakukan making request pada partner latihannya.
This study performed to determine an appropriate form of intervention to improve the making request skill of shyness children aged 5 years old. Subjects were a boy and a girl, aged 5 years old 10 months, have been scored in Child Social Preference Scale minimally 1 SD above the average to be categorized as shyness, who were having difficulty in making request when interacting with their peers. The training consisted of two studies, which are designing Making Request Skill Training’s Module & testing the module to the subjects to see the effect of their making request’s skills. Making Request Skill Training was developed based on MRST intervention which was designed by Nazar (2015). The effect of this training was tested by using a Single Subject (Small-n) Experimental Design and specifically using Multiple Baseline Analysis Across Individuals Design. Data was obtained by observation using behavioral checklist during pretest, treatment condition, and posttest which is analyzed descriptively. This training also measured the level of ‘shy’ and ‘fear’ for subject to making a request to others. The results showed that training goal of cognitive, affective, and psychomotor domain can be achieved for the two subjects. But specifically, an increase in making request behaviors appeared consistently until posttest only achieved by AL, especially in ‘say request clearly’ behavior & ‘say thank you after the request is fulfilled’ behavior. On the subject AR, ‘say request clearly’ behavior was also improved but only appeared during the training session. The level of shy and fear in doing making request were factors that affecting making request behavior’s measurement, at which in posttest session the level of shy in doing making request was increased that he couldn’t be able to making a requet on his training partner.