Abstrak RSS

Perancangan dan Pelaksanaan Pelatihan untuk Meningkatkan Pengetahuan mengenai Prehospital Preparation pada Ibu yang Memiliki Anak Leukemia Usia 5 – 6 Tahun.

Perancangan dan Pelaksanaan Pelatihan untuk Meningkatkan Pengetahuan mengenai Prehospital Preparation pada Ibu yang Memiliki Anak Leukemia Usia 5 – 6 Tahun.
Eka Sufartianinsih Jafar
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
, , , , ,

Anak prasekolah yang mengalami penyakit kronis seperti leukemia mengalami kondisi yang berbeda dengan anak prasekolah pada umumnya. Adanya perubahan fisik dan situasi yang mengharuskan anak untuk sering ke rumah sakit, meminum obat secara rutin, serta menjalani serangkaian proses kemoterapi yang menyakitkan dan tidak menyenangkan bagi anak. Ibu adalah figur signifikan bagi anak leukemia, namun tidak semua Ibu dari anak leukemia memiliki pengetahuan mengenai kondisi fisik dan psikologis anak yang mengalami sakit kronis. Studi awal pada penelitian ini menunjukkan kurangnya pengetahuan Ibu mengenai kondisi anak dan cara untuk mempersiapkan anak leukemia untuk menjalani pengobatan di rumah sakit (prehospital preparation). Penjelasan yang dapat dimengerti oleh anak sebaiknya disesuaikan dengan kondisi dan tahap perkembangan anak prasekolah. Berdasarkan hal tersebut, Ibu perlu memiliki pengetahuan mengenai prehospital preparation karena anak membutuhkan perawatan medis yang intensif dan pengobatan dalam jangka waktu yang panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan melaksanakan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan Ibu mengenai prehospital preparation pada anak usia 5 – 6 tahun dengan leukemia. Perancangan pelatihan dan alat ukur pada penelitian ini dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori prehospital preparation (LeRoy, 2003) yang divalidasi melalui expert review. Desain penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain one group pre test-post test. Pelatihan dilakukan 6 sesi selama tiga pertemuan dengan durasi selama dua jam setiap pertemuannya, melibatkan tiga orang Ibu yang memiliki anak dengan leukemia usia 5 – 6 tahun. Hasil pengukuran menunjukkan peningkatan skor kuesioner pengetahuan Ibu pada saat sebelum dan sesudah pelatihan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pelatihan yang dirancang dan dilaksanakan dapat meningkatkan pengetahuan prehospital preparation pada ibu yang memiliki anak usia 5 – 6 tahun dengan leukemia.

Preschool children who have chronic diseases such as leukemia experiencing different conditions with preschool children in general. The physical changes and situations that require children to frequent the hospital, taking medication on a regular basis, and undergo a series of process of chemotherapy painful and unpleasant for the child. Mother is a significant caregiver for child with leukemia, but not all mothers of children with leukemia have knowledge about the physical and psychological condition of children who experience chronic pain. Preliminary studies in this study, showed a lack of knowledge of mother about the child’s condition and how to prepare children for the treatment of leukemia in a hospital (prehospital preparation). Explanation that can be understood by children should be adapted to the conditions and the stage of development of preschool children. Based on this, mother needs to have knowledge of prehospital preparation because children need intensive medical care and frequent treatment in the hospital for long term. The aim of this study is to design and implement training to improve mother knowledge about prehospital preparation in children aged 5-6 years with leukemia. Training design and measurement tools in this study was developed by the researchers based on the theory prehospital preparation (LeRoy, 2003) which is validated through expert review. Using a quasi-experimental research design with the design of one group pre test-post test. 6 training sessions conducted during three meetings with a duration of two hours each meeting, involving three mothers who have children with leukemia aged 5-6 years. The measurement results show an increase in questionnaire scores before and after training. This results shows that the training designed and implemented to improve the knowledge of prehospital preparation on mothers of children aged 5-6 years with leukemia.

Download: .PDF