Abstrak
Studi Mengenai Perancangan dan Pelaksanaan Pelatihan Atensi Visual (PAVi) dalam Meningkatkan Kemampuan Selective Visual Attention bagi Anak Usia 9 Tahun yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP)
Dian Misrawati
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
GPP, PAVi, Psiedukasi
Kemampuan paling penting yang perlu dimiliki oleh anak sekolah dasar adalah mampu mengarahkan perhatian dalam mengikuti pelajaran, mengerjakan dan menyelesaikan tugas sesuai dengan instruksi dan batas waktu yang diberikan. Anak yang mengalami GPP sulit untuk memenuhi tuntutan tersebut dikarenakan kurangnya kemampuan selective visual attention, yaitu kemampuan untuk mengabaikan distraksi visual yang menyebabkan tugas-tugas yang dikerjakan cenderung tidak selesai sesuai instruksi dan batas waktu yang diberikan. Kondisi tersebut menarik minat peniliti untuk merancang dan melaksanakan Pelatihan Atensi Visual (PAVi) yang dirancang secara sistematis berdasarkan pendekatan psikoedukasi dan prinsip pelatihan atensi. PAVi meruapakan serangkaian aktivitas tugas berulang yang meminta anak untuk berespon terhadap rangsang target (gambar segitiga merah) dan mengabaikan rangsang non target (segitiga merah berlubang). Penelitian menggunakan rancangan single case time series design pada subjek tunggal. Hasil pelaksanaan pretes, pelatihan, dan pos tes menunjukkan bahwa PAVi dapat meningkatkan kemampuan selective visual attention anak usia 9 tahun yang mengalami GPP.