Abstrak RSS

FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERBEDAAN PERILAKU KARYAWAN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI BLOG STAFF DAN DOSEN (Analisis Diskriminan Pada Karyawan Telkom University Bandung)

FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERBEDAAN PERILAKU KARYAWAN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI BLOG STAFF DAN DOSEN (Analisis Diskriminan Pada Karyawan Telkom University Bandung)
sari zahara lestari
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Dalam lingkup organisasi, internet tidak hanya bermanfaat pada lingkungan eksternalnya saja, tapi juga untuk pengelolaan komunikasi internal melalui pembentukan intranet. Salah satu fungsi intranet adalah untuk menjalankan komunikasi interaktif dengan seluruh karyawan dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Aplikasi yang dikelola telkom University untuk memenuhi kebutuhan komunikasi interaktif karyawannya adalah aplikasi blog staff dan dosen telkom university. Blog ini merupakan website intranet yang dirancang seperti social media dan memungkinkan karyawan serta dosen telkom university untuk melakukan interaksi. Sebuah organisasi perlu untuk melakukan klasifikasi khalayak untuk media-media yang dikelolanya dengan tujuan mempersiapkan pesan-pesan sedemikian rupa sesuai dengan karakteristik khalayak agar efektif dan mudah diterima oleh seluruh khalayak. Klasifikasi khalayak dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 (dua) kelompok. Yaitu karyawan kelompok aktif dan karyawan kelompok pasif dalam menggunakan aplikasi blog satff dan dosen telkom university. Dalam penelitian ini, klasifikasi khalayak dilakukan dengan mengidentifikasi pengaruh lima dimensi teori Computer Mediated Communication (yang terdiri dari External Context, Struktur Temporal Kelompok, Karakteristik Kelompok Penggunanya, Tujuan Computer Mediated Communication Digunakan Serta Infrastruktur Dari Sistem Komputer) terhadap perbedaan perilaku karyawan dalam menggunakan aplikasi tersebut.
Penelitian ini dilakukan dengan metode survey melalui pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriminan. Penelitian ini dilakukan terhadap 230 karyawan pengguna aplikasi blog staff dan dosen. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat 3 (tiga) faktor yang paling signifikan dalam mempengaruhi perbedaan perilaku karyawan, yaitu Karakteristik dari kelompok pengguna, infrastruktur komputer, serta Tujuan Computer Mediated Communication digunakan. Dari penelitian ini pula diketahui pula terdapat 135 karyawan yang masuk dalam kategori aktif serta 95 karyawan masuk kategori pasif. Dari analisis ini pula dapat diketahui bahwa kedua kelompok karyawan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda.

Download: File Cover , File Abstrak ,