Abstrak RSS

Makna Program Sisterhood Bagi Anggota Komunitas CeweQuat

Makna Program Sisterhood Bagi Anggota Komunitas CeweQuat
FADILA ARIANI
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

ABSTRAK

Fadila Ariani, 210110110095, 2015. “Makna Program Sisterhood bagi Anggota Komunitas CeweQuat Jakarta”. Dibimbing oleh Dr. Jenny Ratna Suminar, M.Si selaku dosen pembimbing utama dan Roy Robert Rondonuwu, Drs, M.Lib sebagai dosen pembimbing pendamping. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran .
Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Penelitian ini berlangsung di Jakarta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana makna Program Sisterhood bagi anggota Komunitas CeweQuat yang dibagi menjadi tiga pertanyaan penelitian, yaitu bagaimana motif dan pengalaman dari anggota Komunitas CeweQuat dalam mengikuti Program Sisterhood serta bagaimana makna Program Sisterhood bagi anggota Komunitas CeweQuat. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dengan enam orang key informants,.

Hasil dari penelitian ini menggungkapkan bahwa motif dan pengalaman dalam mengikuti Program Sisterhood beragam. Because-of-Motive dalam penelitian ini adalah karena pengaruh media, wadah berbagi, mengisi waktu kosong, dan pengaruh teman. In-Order-To-Motive dalam penelitian ini adalah kedisiplinan, pengalaman baru, meningkatkan rasa percaya diri, serta menambah koneksi. Pengalaman dari interaksi informan dengan lingkungan sekitar membentuk makna Program Sisterhood.
Kesimpulan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa makna dari Program Sisterhood bagi anggota Komunitas CeweQuat terbagi menjadi dua, yaitu sebagai makna atribut, yang berkaitan dengan Baju, Logo dan Penulisan nama CeweQuat, Pose Berfoto, dan Kegiatan Datang Bulan. Makna ruang berkaitan dengan tempat pertemuan bulanan Komunitas CeweQuat yaitu Kuningan City. Makna lain dari Program Sisterhood adalah sebagai kegiatan pemberdayaan wanita
Kata Kunci : Makna, Sisterhood, Komunitas

Download: File Cover , File Abstrak ,