Abstrak RSS

IMPLEMENTASI PROGRAM HIJAUNESIA POWER PEDULI PLANET OLEH PT INDONESIA POWER DALAM MEMPERKUAT CITRA GREEN POWER PLANT

IMPLEMENTASI PROGRAM HIJAUNESIA POWER PEDULI PLANET OLEH PT INDONESIA POWER DALAM MEMPERKUAT CITRA GREEN POWER PLANT
ADDIENA FACHRUNNISA
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Addiena Fachrunnisa Azmir, 210110110186, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Implementasi CSR PT Indonesia Power Dalam Memperkuat Citra Green Power Plant” dengan Dr. Hj. Hanny Hafiar, M.Si., sebagai pembimbing utama dan Priyo Subekti, S.Sos., M.Si sebagai pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program Hijaunesia Power Peduli Planet sebagai kegiatan CSR PT Indonesia Power dalam memperkuat citra perusahaan sebagai green power plant. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan, teknik pengumpulan key informant dengan cara purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber data.
Simpulan penelitian ini adalah perencanaan program Hijaunesia Power yang meliputi penetapan misi, tujuan, target, anggaran dan kebijakan. Langkah-langkah strategis yang dilakukan adalah branding, membangun kerjasama, membangun awareness karyawan dan pemanfaatan media internal perusahaan. Langkah-langkah operasional yang dilakukan adalah melaksanakan program diseluruh unit dengan kegiatan inti berupa penanaman pohon dan pengelolaan lingkungan, melakukan kerjasama, meningkatkan awareness dengan mengintegrasikan program dengan Key Performance Index dan PROPER kemudian melakukan monitoring dan evaluasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program Hijaunesia Power Peduli Planet sebagai kegiatan CSR dalam memperkuat citra Green power plant meliputi perencanaan, langkah-langkah strategis dan langkah-langkah operasional yang mengedepankan konsep triple bottom line terutama dari sisi planet sesuai dengan kegiatan penanaman pohon dan keanekaragaman hayati yang dilakukan pada program Hijaunesia guna memperkuat citra green power plant.
Saran yang diberikan kepada PT Indonesia Power guna memperkuat citra green power plant adalah agar indikator keberhasilan dalam perencanaan program harus diperjelas terutama untuk bidang komunikasi korporat, dilakukan upaya komunikasi yang lebih merata kepada pihak internal dan eksternal perusahaan untuk meningkatkan pemahaman dalam membangun citra perusahaan sebagai green power plant.

Download: File Cover ,