Abstrak
Gambaran perilaku kepemimpinan pada mahasiswa di Universitas Padjadjaran
Lisma Aisyatul Azizah
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
kepemimpinan, mahasiswa
Kepemimpinan didefinisikan sebagai seni untuk menggerakan orang lain agar tergugahuntuk memperjuangkan aspirasi bersama (Kouzes & Posner, 1997). Kepemimpinan merupakan fenomena yang dapat terjadi dimana saja (Kouzes & Posner, 2007), dalam hal ini termasuk di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai perilaku kepemimpinan mahasiswa di Universitas Padjadjaran. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian non-eksperimental kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner perilaku kepemimpinan mahasiswa yang disusun berdasarkan 5 dimensi kepemimpinan yang dikemukakan oleh Kouzes dan Posner sebagai five practices of exemplary leadership, yaitu model the way, inspire a shared vision, challenge the process, enable others to act, dan encourage the heart. Total jumlah partisipan penelitian adalah 27 orang, yang merupakan ketua BEM dan BPM tingkat fakultas di Universitas Padjadjaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kepemimpinan pada kelima dimensi tergolong pada frekuensi, dengan frekuensi tertinggi yaitu dimensi enable others to act. Uji kruskallwallis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara rata-rata skor kelima dimensi kepemimpinan. Meskipun perilaku kepemimpinan yang ditampilkan mahasiswa belum menjadi indikasi kuat sebagai perilaku exemplary leadership, namun mereka sudah menunjukkan adanya kapasitas untuk melakukan hal-hal luar biasa dalam organisasi melalui pencapaian organisasi.