Abstrak
Studi Deskriptif Mengenai Emotional Intelligence Pada Siswa dan Siswi SMA Negeri X yang Berpacaran
Muhamad Chandika Andintyas
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Berpacaran, emotional intelligence, remaja
Emotional Intelligence adalah kemampuan seseorang untuk menyadari perasaan dirinya dan orang lain, memotivasi diri sendiri dan kemampuan untuk mengelola emosi dan perasaan sediri dan berelasi dengan lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai emotional intelligence pada siswa dan siswi SMA Negeri X yang berpacaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Untuk pengambilan sample menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sample sebanyak 60 responden. Alat Ukur yang digunakan adalah Emotional Intelligence dimana diadaptasi dan dimodifikasi dari alat ukur yang disusun dalam tesis yang berjudul “Rancangan Pendidikan Emotional Intelligence untuk Pasangan yang Akan Menikah” (2011) yang disusun oleh Langgersari Elsari Novianti, S.Psi dengan berlandaskan teori Emotional Intelligence oleh Goleman (2006). Dari hasil penelitian ini, didapatkan sebanyak 72 % siswa dan siswi SMA X yang memiliki kemampuan emotional intelligence tinggi. Pada penelitian ini, tidak ditemukan siswa dan siswi SMA Negeri X yang memiliki kemampuan emotional intelligence rendah.