Abstrak
Studi Deskriptif Mengenai College Adjustment Pada Mahasiswa Angkatan 2014 Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.
Narendra Yusuf Hadiana
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
College Adjustment, mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad, penyesuaian diri, perguruan tinggi
Proses penyesuaian diri di lingkungan perguruan tinggi menjadi suatu hal yang penting bagi mahasiswa untuk menangani tuntutan di lingkungan perguruan tinggi. Mahasiswa angkatan 2014 ketika memasuki tahun kedua di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran mengalami perubahan tuntutan, mereka tidak hanya memiliki tanggung jawab di bidang akademik tapi juga diharapkan dapat berpartisipasi dalam kegiatan kemahasiswaan dalam rangka mengembangkan diri. Perubahan tuntutan inilah yang pada akhirnya membuat mahasiswa diharapkan dapat memunculkan respon yang efektif dalam rangka menangani tuntutan dari lingkungan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai college adjustment pada mahasiswa angkatan 2014 Fakultas Psikologi Unpad. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2014 Fakultas Psikologi Unpad dengan ukuran sampel 88 responden.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik penarikan sampel, simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa angkatan 2014 Fakultas Psikologi Unpad memperoleh skor rendah pada variabel college adjustment secara keseluruhan serta pada dimensi academic adjustment, social adjustment dan personal-emotional adjustment, sementara itu skor tinggi diperoleh pada dimensi institutional attachment. Hal ini berarti mahasiswa angkatan 2014 menilai bahwa respon yang mereka munculkan belum efektif dalam menangani tuntutan lingkungan di Fakultas Psikologi Unpad.