Abstrak
Pelatihan orientasi karir dalam upaya meningkatkan pengetahuan orientasi karir remaja
Sri Maslihah, Hendriati Agustiani, Rasni Adha Yuanita
Universitas Padjadjaran, Proceeding Konferensi Nasional II Ikatan Psikologi Klinis- HIMPSI Intervensi Psikologi Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Indonesia (Psychological Intervention for Increasing Indonesia's Quality of Life ) Yogyakarta, 5-6 Februari 2010
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Proceeding Konferensi Nasional II Ikatan Psikologi Klinis- HIMPSI Intervensi Psikologi Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Indonesia (Psychological Intervention for Increasing Indonesia's Quality of Life ) Yogyakarta, 5-6 Februari 2010
experiential learning, orientasi karir, peningkatan pengetahuan orientasi karir
penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya persiapan yang harus dimiliki individu dalam membuat keputusan yang tepat tentang karir. Persiapan ini perlu dilakukan mengingat pemilihan karir memerlukan persiapan dan perencanaan yang matang tidak sekedar mendapat pekerjaan yang sifatnya sementara waktu, namun diantaranya dilakukan dengan melakukan perencanaan terhadap pemilihan bidang studi dengan karir yang diharapkan. Perencanaan terhadap pemilihan bidang studi dimulai saat siswa SMA dihadapkan pada pemilihan jurusan karena kesalahan dalam pemilihan jurusan akan bertampak kurang baik teftadap perkembangan karir siswa selanjutnya- Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh modul pelatihan orientasi karir dalam rangka meningkatkan pengetahuan orientasi karir remaja siswa kelas X. Pelatihan ini menggunakan pendekatan experential learning dan mengacu pada teori orientasi karir dari Super (dalam Sharp, 1992). Merurut Super orientasi karir meliputi tiga dimensi, yaitu (l) informasi dunia kerja, (2) sikap terhadap perkembangan karir dan (3) keterampilan membuat keputusan karir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental pada dua kelompok penelitian dengan rancangan penelitian, yaitu randomized pretest-posttest control group design. Subyek dalam penelitian ini adalah 48 orang siswa kelas X SMAN 4 Bandung yang terdiri dari 24 orang sebagai kelompok eksperimen (mengikuti pelatihan) dan 24 orang sebagai kelompok kontrol (tidak mengikuti pelatihan). Alat ukur yaog digunakan adalah pengetahuan orientasi karir siswa. Data yang diperoleh temuaian dianalisis melalui uji statistik Mann Whitney dan Wilcoxon Signed Rank dan analisis deskriptif dari skor yang diperoleh subyek penelitian. Hasil pengetahuan orientasi karir remaja siswa kelas X SMAN 4 Bandung menunjukkan setelah diberikan pelatihan terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan orientasi karir antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji statistik dan analisis deskriptif setiap dimensi orientasi karir pada kelompok eksperimen menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan setiap dimensi orientasi karir setelah diberikan pelatihan orientasi karir. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan orientasi karir berperan terhadap peningkatan pengetahuan orientasi karir remaja siswa kelas X SMAN 4 Bandung.