Abstrak RSS

Perkembangan Konsep Proses Belajar Mengajar dari Kompetensi Penguasaan 4 Keterampilan Menuju Konsep 5C

Perkembangan Konsep Proses Belajar Mengajar dari Kompetensi Penguasaan 4 Keterampilan Menuju Konsep 5C
Agus Suherman Suryadimulya
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Tujuan umum pembelajaran bahasa asing termasuk bahasa Jepang adalah untuk mencapai kemampuan berkomunikasi (communicate) terutama agar pembelajar mampu menyampaikan pikiran atau isi hatinya kepada orang lain. Berangkat dari upaya pencapaian tujuan tersebut di atas, maka lahirlah berbagai metode pengajaran bahasa asing. Semua metode pengajaran bahasa asing yang diramu berawal dari upaya memfasilitasi kegiatan pembelajaran dan bermuara pada pencapaian tujuan kompetensi penguasaan 4 (empat) keterampilan berbahasa, yakni mendengar/menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat komponen tersebut dikemas untuk saling mengisi hingga memperoleh porsi yang merata dan sampailah pada tujuan akhir yaitu mampu berinteraksi aktif dengan penutur bahasa yang dipelajarinya. Namun demikian, betapa sulitnya kita memahami budaya, pola hidup,pola pikir, pendapat maupun perasaan orang-orang yang bertutur bahasa yang kita pelajari manakala berbaur dengan masyarakat tersebut. Konsep 5C (Communication, Culture, Connections, Comparisons, Communities) yang dikembangkan di Amerika sejak tahun 1996 membantu membuka mata kita untuk mempelajari bahasa asing yang lebih ajeg pada era globalisasi seperti saat sekarang ini.

The general aim of foreign language studies including japanese is to achive communication skill (communicate), prominently for the student who study foreign language beside their own language has an ability to speak their mind to the other people. Based on the achive goal above,then, some method of foreign language teaching has occur. All methode, is to facilitate the learning activity and empties into achievement of competency of mastery of 4 skill of language, which are hearing, speaking, reading and writting. The four component are needed and related to each other, so that, each has an equality to make some interactive convertation the native speaker. However, it is hard to understand the culture, way of life, oppinion of the native, whenever we try to socialize with the people from the native country. 5C concept (Comunication, Culture, Connections, Comparisons, Communities) which developed in United States, 1996, is helped us in order to study foreign language in the era of globalitation, as now.

Download: pdf