Abstrak RSS

Studi Terhadap Pemberdayaan Perempuan Dalam Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Kabupaten Garut

Studi Terhadap Pemberdayaan Perempuan Dalam Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Kabupaten Garut
Amelia Hayati, SSi., MT.
Unpad
Indonesia
Unpad
,

Batik merupakan bagian yang tak terpisahkan dari budaya serta kehidupan sosial masyarakat di Indonesia, pula tak terpisahkan dari kehidupan perempuan Indonesia, karena perempuan Indonesialah yang berjasa mengembangkan batik, baik sebagai pemakai, pengrajin, juga sebagai bagian yang tak terpisahkan dari mata rantai kewirausahaan batik ini (75% lebih pengusaha batik adalah perempuan).

Selama ini masyarakat Indonesia lebih mengenal batik dari daerah Jawa Tengah baik itu Pekalongan, Yogyakarta, terutama Solo, padahal batik merupakan ciri khas budaya dalam pertekstilan Indonesia karena batik ini dapat ditemukan di berbagai tempat di Indonesia. Seperti Jawa Barat misalnya, bisa ditemukan batik khas Jawa Barat, yaitu batik Pesisir di Cirebon dan Indramayu yang dikenal dengan Batik Trusmi dan Dermayon, atau di daerah priangan yaitu Batik Garutan dari Garut. Di Propinsi lain seperti Kalimantan dan Bali juga dapat ditemukan Batik Sasirangan dan Batik Bali.

Kewirausahaan batik yang identik dengan kewirausahaan perempuan ini masih menjadi tantangan karena selain memang perkembangannya belum memuaskan juga pengaruh sosial dan budaya tradisional masyarakat yang masih begitu kental. Salah satu kasus yang terjadi pada pengembangan kewirausahaan batik Garutan yang tidak lepas dari pengaruh faktor sosial, ekonomi dan budaya masyarakat Priangan.Hal itu diperkuat dengan image masyarakat yang lebih mengenal batik dan lebih mudah mendapatkan batik dari daerah Jawa Tengah.

Pada perkembangannya batik Garutan mulai dilirik masyarakat saat pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN) mewajibkan seluruh PNS menggunakan Batik atau kain Tradisional setiap Hari Jum’at dan acara-acara resmi lainnya. Aturan ini sangat menggairahkan kewirausahaan batik di Indonesia terutama di Garut sehingga perkembangan usaha batik ini cukup baik walau tidak terlalu besar.

Download: pdf