Abstrak RSS

Peran Trigger Sebagai Intervening Variable Dalam Hubungan Antara Mass Identification Dan Social Learning Dengan Tindakan Agresif Pada Aksi Demonstrasi Mahasiswa

Peran Trigger Sebagai Intervening Variable Dalam Hubungan Antara Mass Identification Dan Social Learning Dengan Tindakan Agresif Pada Aksi Demonstrasi Mahasiswa
Saefuddin Robbani
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
, , , ,

Studi mencari hubungan antar faktor penyebab tindakan agresif dalam aksi demonstrasi mahasiswa. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) yang pernah mengikuti aksi demonstrasi mahasiswa sebanyak 55 orang (kuesioner) dan 11 orang (focus group discussion). Kuesioner merupakan metode pengambilan data utama dan FGD merupakan pendukung data yang berasal dari kuesioner. Kuesioner penelitian mengukur empat variabel yaitu mass identification, social learning, trigger, dan tindakan agresif. Menurut data statistik yang telah diperoleh, mass identification dan social learning dapat menjadi prediktor dari terjadinya tindakan agresif. Namun, variabel social learning harus melalui suatu kondisi situasional (trigger) agar dapat menyebabkan terjadinya tindakan agresif, sedangkan mass identification tidak perlu melalui trigger untuk menyebabkan terjadinya tindakan agresif. Penelitian ini juga menghasilkan temuan baru berupa kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya tindakan agresif dan juga tindakan-tindakan agresif yang pernah dilakukan oleh mahasiswa dalam aksi demonstrasi mahasiswa yang dihasilkan dari FGD.

Download: .Full Papers