Abstrak
The Effectiveness Of Educational Intervention To Alleviate Anxiety In Children Who Have A Parent With Paranoid Schizophrenia
Muslimah A. Salam, Elmira N. Sumintardja, Aulia Iskandarsyah
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
anxiety, Caregiver, Educational Intervention, Family Caregiver, Kecemasan, schizophrenia, skizofrenia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Educational Intervention untuk menurunkan tingkat kecemasan pada anak yang memiliki orang tua menderita skizofrenia paranoid. Skizofrenia adalah gangguan mental berat dan kronis yang mempengaruhi kemampuan seseorang dalam berpikir jernih, mengelola emosi, membuat keputusan, dan berhubungan dengan orang lain. Memiliki orang tua menderita skizofrenia paranoid dapat memiliki dampak pada kehidupan anak. Orang dengan skizofrenia sering mengandalkan anggota keluarga sebagai untuk memperoleh dukungan emosional dan juga untuk menyediakan kebutuhan harian. Hanya 40% caregiver yang mendapatkan informasi adekuat dari tenaga kesehatan tentang bagaimana cara penanganan orang dengan gangguan mental. Kurangnya informasi yang diberikan oleh tenaga kesehatan kepada caregiver dapat menyebabkan kecemasan dalam menghadapi penderita skizofrenia. Kecemasan pada anak yang memiliki orang tua menderita skizofrenia paranoid dapat diturunkan dengan meningkatkan pengetahuan anak melalui edukasi, seperti educational intervention. Educational intervention merupakan pendekatan dalam penelitian, yang menekankan bahwa educational intervention menyebabkan pemerolehan pengetahuan dan retensi mengenai informasi tentang skizofrenia dan penurunan pada kecemasan keluarga. Penurunan dalam kecemasan berkorelasi dengan pemerolehan pengetahuan. Rancangan dalam penelitian ini adalah eksperimental semu, dengan melibatkan dua partisipan penelitian yang diperoleh melalui teknik convenience sampling. Educational intervention diberikan sebanyak empat sesi. Pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah intervensi diberikan, serta dilakukan evaluasi harian setiap sesi selesai diberikan. Data diperoleh dengan menggunakan Knowledge of Schizophrenia (KOS), State-Trait Anxiety Inventory (STAI), evaluasi harian, wawancara, dan observasi. Data dianalisa dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa educational intervention efektif menurunkan tingkat kecemasan pada partisipan penelitian, yang ditandai dengan penurunan skor STAI dan juga perubahan pada yang tampak pada pengetahuan partisipan penelitian.
This study aims to determinate the effectiveness of Educational Intervention to alleviate anxiety in children who have a parent with paranoid schizophrenia. Schizophrenia is a chronic and severe mental disorder that interferes with a person’s ability to think clearly, manage emotions, make decisions, and relate to others. Having a parent with paranoid schizophernia may have an impact on children’s lives. People with schizophrenia often rely on their family members as caregivers for emotional support and also for providing their daily needs. Only 40% of caregivers obtained adequate information from health professionals regarding handling the people with mental disorders. The lack of information given by the health professionals toward the caregivers may lead to anxiety in facing people with schizophrenia. The anxiety in children who have a parent with paranoid schizophrenia may be reduced by improving the children’s knowledge through education, such as educational intervention. Educational intervention is an approach in Joanne V.E Smith and Max J. Birchwood’s study, which suggest that the Educational Intervention led to considerable acquisition and retention of information about schizophrenia and reductions in relative’s anxiety. The reduction in anxiety is correlated with gain in knowledge. The research design is quasi-experimental, involving two subjects obtained through convenience sampling technique. The Educational Intervention was given as much as four sessions. Measurement were conducted two times, before and after the intervention, as well as daily evaluation on every session. The Knowledge of Schizophrenia (KOS) instrument, the State-Trait Anxiety Inventory, the respondent checklist, interview and observations were used to collect the data. Data were analyzed by using descriptive statistic technique and descriptive analysis. The result showed that Educational Intervention is effective to alleviate anxiety, which is characterized by decreased scores on STAI and changes on the respondent’s knowledge.