Abstrak
Peranan Kecerdasan, Kepribadian, Dan Minat Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran
Erna Susiati, Dra. M.Pd, Sudarmo Wijono, Drs. M.Si
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
intelligence, interests, IP, kecerdasan, Kepribadian, Minat, Personality
Melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi merupakan cita-cita semua individu setelah menyelesaikan pendidikan di SMU. Hanya saja, dalam memutuskan bidang studi yang akan ditekuni terkadang individu tidak mempertimbangkan potensi dan minat yang dimiliki. Padahal setiap fakultas memiliki persyaratan tertentu yang bekaitan dengan proses belajar di bidang tersebut, seperti kecerasan, minat, kepribadiannya (yang mencakup kemauan, daya konsentrasi , emosi, hubungan sosialnya). Bila terdapat kesesuaian kemampuan individu dengan tuntutan bidang studi, akan memberikan hasil yang optimal, dan sebaliknya.Menurut Parson F.(1909), menjelaskan bahwa idealnya dalam menentukan karir, seseorang perlu memahami dirinya dan memiliki informasi tentang bidang yang diminati, dan bila ada kesesuaian maka hasilnya akan produktif dan memuaskan. Berdasarkan fenomena yang di atas, maka peneliti tertarik untuk meneliti peran kecerdasan, minat,dan kepribadian terhadap nilai prestasi akademik pada mahasiswa angkatan 2013 FKG Unpad. Metode penelitian yang digunakan korelasional, dengan Independent variabelnya: kecerdasan, minat, dan kemauan; sedangkan Dependent variabelnya adalah nilai indeks prestasi (IP) semester-1. Instrumen yang digunakan berupa baterai tes psikologi yang terdiri dari tes IST, PII, EPPS, Grafis, Pauli. Subjek penelitian adalah mahasiswa FKG angkatan 2013, yang berjumlah 118 orang. Analisis datanya menggunakan analisis regresi dan uji t tes dengan metode back ward untuk mengetahui struktur kecerdasan, minat, dan kepribadian yang berkontribusi pada nilai IP semester I. Untuk perhitungan statistiknya dengan menggunakan bantuas SPSS. Hasil dari penelitian, menunjukkan bahwa a) 40.7% mahasiswa FKG angkatan 2013 memiliki profil kecerdasan dan minat sesuai serta kemauan kuat untuk berprestasi, sedangkan 2.5% mahasiswa memiliki profil kecerdasan, minat, dan kemauan yang lemah, b). Aspek kecerdasan, minat, dan kepribadian (kemauan) berperan sebagai penentu atau prediktor terhadap capaian nilai IP Semester-1 sebesar 35%, dengan penentu yang signifikan aspek kemauan, daya pikir analogi, daya pikir praktis bilangan serta science. Dengan demikian, dapat disimpulkan ketika ketiga aspek tersebut sesuai maka nilai IP tinggi, dan ketika ketiga aspek tidak sesuai maka nilai IP juga akan rendah. Saran untuk membantu mahasiswa yang memiliki ketidaksesuaian baik dalam kecerdasan, minat, dan kemauan dapat diberikan motivasi, dorongan, bimbingan oleh dosen wali dan hendaknya menjadi perhatian bagi Wadek I FKG
Continuing education higher represents the ideals of all individuals after completing high school education. However, in deciding a field of study that will be occupied sometimes people do not consider the potential and interests. Though each faculty has specific requirements related with learning process in the field, such as intellegence, interests, personality (which includes a will, power of concentration, emotional, social relations). If there is conformity with the demands of the individual’s ability fields of study, will provide optimal results, and in contrast. According to Parson F. (1909), explains that ideally in determining career, one needs to understand himself and has information about areas of his interest, and if there is conformity then the result will be productive and satisfying. Based on the above phenomenon, the researchers interested in studying the role of intelligence, interests, and personality of the value of academic achievement at student class 2013 of Dentistry, Padjadjaran University. The research methods used correlational, with Independent variables: intelligence, interest, and willingness; while Dependent variable is the semester grade -1. The instruments used in the form of a battery tests of psychological consisting of IST, PII, EPPS, Graphics, Pauli. Subjects were dental students class of 2013, which amounted to 118 student. Analysis of the data using regression analysis and test t, test with a back ward method to determine the structure of intelligence, interests, and personality contribute to predictor the IP value of the first semester . For statistical calculations using SPSS. The results of study, showed that a) 40.7% dental students force in 2013 has the profile of intelligence and interest in accordance with a strong desire to excel, while 2.5% of students have a profile intelligence, interest, and willingness weak, b). Aspects of intelligence, interests, and personality (willingness) to act as determinants or predictors of outcomes IP value Semester-1 by 35%, with a significant determinant aspects of the will, thought analogy, practical thinking of numbers and science . Thus, it can be concluded when the three aspects according, thus the IP value is high, and when the third aspect does not match thus the IP value will also be lower. Intervension to help students who have incongruity in intelligence, interest, and willingness can be given motivation, encouragement, guidance by lecturers guardian and should be a concern for Wadek I FKG