Abstrak
Rancangan dan Uji Coba Pelatihan Peningkatan Kemampuan Selective Attention Pada Anak Usia 8 TahunYang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian Melalui Pelatihan Letter Visual Search.
Naeila Rifatil Muna
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Attention deficit disorder, computerized training program, Gangguan Pemusatan Perhatian, psikoedukasi, psychoeducation, Selective attention
Salah satu karakteristik anak yang mengalami GPP adalah pada umumnya mudah terdistraksi oleh banyak hal yang sering kali tidak berkaitan dengan tugas yang harus dikerjakan. Masalah ini erat kaitannya dengan kesulitan anak dalam berkonsentari sehingga menimbulkan permasalahan baik dalam hal akademik maupun kehidupan sosialnya. Kondisi anak GPP yang mudah terdistraksi menunjukkan bahwa anak memiliki kemampuan selective attention yang lebih rendah dibandingkan dengan anak pada umumnya. Intervensi yang dapat dirancang untuk meningkatkan atensi adalah program berbasis computer yang bermanfaat bagi anak yang mengalami GPP, yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan selective attention. Pelatihan Letter Visual Search (LetViS) merupakan pelatihan dengan menggunakan program komputer untuk meningkatkan selective attention. Tugas anak dalam pelatihan ini adalah menekan tombol spasi ketika muncul stimulus target yaitu gambar deret huruf OOOQOOO dan tidak menekan tombol spasi ketika muncul stimulus non target yaitu gambar deret huruf OOOCOOO atau OOODOOO. Hal tersebut melatih anak untuk mengatasi distraksi yang mungkin muncul ketika anak mengerjakan tugas. Pelatihan dirancang dengan 2 level kecepatan kemunculan stimulus yang membedakan mulai dari kemunculan yang lambat sampai cepat. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan psikoedukasi untuk menumbuhkan self awareness anak dalam mengubah perilaku yang kurang efektif menjadi lebih efektif. Pelatihan dilakukan selama 8 hari berturut-turut selama 60 menit. Penelitian dilakukan pada seorang anak yang mengalami GPP usia 8 tahun dengan menggunakan rancangan Single Subjek Desain tipe A-B-A. Berdasarkan penelitian didapatkan kesimpulan bahwa pelatihan LetViS dapat meningkatkan selective attention anak GPP usia 8 tahun yang diukur menggunakan The d2 Tes Of Attention. Hal tersebut dilihat dari pada pengukuran per tes skor SA sebesar 307 poin meningkat pada pengukuran pos tes sebesar 413 poin. Hal tersebut menunjukkan adanya kenaikan rata-rata d2TOA saat sebelum dan sesudah mendapatkan pelatihan. Ditinjau dari skor pelatihan LetViS mulai dari pertemuan pertama hingga pertemuan terakhir cenderung meningkat. Artinya kemampuan selective attention anak mengalami peningkatan setelah memperoleh pelatihan LetViS.
Children with Attention Deficit Disorder (ADD) are generally easily distracted by many things that are not associated with related task. This can cause problems both academic and social life coditions. This easily distracted condition indicate that the children has a lower ability of selective attention than any other children in general. One of intervention to increasing ability of selective attention is a computerized training program. Previous research showed that computerized training program could increasing selective atntion for children with ADD. Letter Visual Search Training is using computer program to improve / increasing selective attention. Chlidren have to press space bar when image series of OOOQOOO letters appears and do not press it when image series of OOOCOOO or OOODOOO letters appears. This trains the children to overcome the distraction that may arise when children do a task. This training with 2 different stimulus emergence speed ranging from slow to rpid emergence. This study also used psychoeducational approach to raise self awareness. Psychoeducational approach is also used to change a less effective into more effective behavior. An eight session training is conducted in row fo 60 minutes. The study was conducted for a 8 years child with ADD, used a Single Subject Design type A-B-A. It was concluded that the training of LetViS can improve the selective attention in the ADD child, measured by The d2 Test Of Attention. This evident from the score og d2TOA phase pre test of 307 points and the post test phase at 413 ponints. This shows the average increase in d2TOA before and after getting intervention. That is, the ability of selective attention children increased after getting LetViS Training.