Abstrak
Pelatihan Pengetahuan Aplikatif Berkomunikasi Verbal Konstruktif pada Ibu yang memiliki Anak Underachiever
Mirda Tiarasari
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Anak Underachiever, ibu, Komunikasi Verbal Konstruktif, Mother., underachiever Children, Verbal Communication Constructive
Anak underachiever adalah anak yang pandai tetapi memiliki prestasi rendah, mereka sensitif terhadap kegagalan belajar dan sensitif terhadap komunikasi yang disampaikan orang lain. Sejalan dengan fase perkembangannya di tahap usia sekolah, keberhasilan meraih prestasi menjadi tema yang penting bagi diri anak. Ibu memiliki peran penting dalam memahami kondisi anak underachiever agar anak tetap dapat semangat belajar. Namun, studi awal penelitian ini menunjukkan tidak tepatnya pengetahuan ibu dalam berkomunikasi dengan anak, ibu berkomunikasi secara verbal destruktif dengan menggunakan standar sukses berdasarkan diri sendiri tanpa mendengarkan dan menghargai usaha anak, sehingga anak tidak semangat belajar ditandai dengan nilai pelajaran yang semakin menurun dan mulai menunjukkan perilaku membangkang. Untuk itu, dibutuhkan penanganan sebagai intervensi pada ibu dalam menghadapi anak underachiever, yaitu Pelatihan Komunikasi Verbal Konstruktif pada Ibu yang memiliki Anak Underachiever. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan melaksanakan pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan aplikatif berkomunikasi verbal konstruktif pada ibu yang memiliki anak-anak underachiever berusia 10-11 tahun. Desain penelitian adalah one group pre-test post-test. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dan berlangsung selama dua jam setiap hari. Partisipannya berjumlah tiga orang ibu yang memiliki anak underachiever berusia 10-11 tahun. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner mencakup materi underachiever, teknik komunikasi dan cara berkomunikasi verbal konstruktif. Peningkatan pengetahuan dilihat melalui perubahan nilai pada kuesioner pengetahuan pada saat pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga partisipan mengalami peningkatan skor pengetahuan aplikatif sebesar 9 poin ( Partisipan 2), 6 poin (Partisipan 3) dan 3 poin (Partisipan 1) . Kesimpulan penelitian ini bahwa rancangan yang telah diuji secara empirik mengenai pelatihan komunikasi verbal konstruktif secara signifikan tidak dapat meningkatkan pengetahuan aplikatif ibu yang memiliki anak underachiever usia 10-11 tahun dalam berkomunikasi verbal konstruktif.
Underachiever children is smart kids but had low achievement, they are sensitive to the failure of learning and communication to the others. Correspondingly with development phase at the stage of school age, the successful achievement is a theme which is important for the child. Mother has an important role in understanding the condition underachiever’s child so that children can enthusiasm for learning. However, early studies of this study showed no precisely knowledge of mothers in to communicate with children, mothers communicate verbally destructive using a standard of success by themselves without listening and appreciate the efforts of the child, so the child is not enthusiasm for learning are marked with value of the lessons that getting down and starting to show defiant behavior. For that, they need treatment as an intervention to the mother in the face of a underachiever child, which is Verbal Communication Constructive Training for Mothers with Children underachiever. The aim of this study is to design and implement training to improve knowledge of applicative communicate verbally constructive in mothers who have children underachiever aged 10-11 years. The study design was one group pretest posttest. The training was held for two days and lasts for two hours every day. The participants totaled three mothers of children 10-11 years old underachiever. Measuring tool used form of a questionnaire includes the materials an underachiever, communication techniques and way to communicate verbally constructive. Improved knowledge seen through changes in scores on the questionnaire of knowledge at the time of pre-test and post-test. Data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The results showed that all three participants increased scores applicative knowledge by 9 points (Participant 2), 6 points ( Participant 3) and 3 points (Participant 1) . Conclusion of this study that the design has been tested empirically on communication verbally constructive training significantly can’t improve applicative knowledge’s mother who have children underachiever aged 10-11 years.