Abstrak 
Studi Komparasi Kematangan Karier berdasarkan Vocational Identity Status pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
Atika Permata Sari
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
kematangan karier, tugas perkembangan specification, vocational identity status
Pada saat individu mencapai usia 18-21 tahun, individu mencapai tahap exploratory khususnya untuk tugas perkembangan karier specification. Tugas perkembangan karier specification adalah tugas perkembangan karier di mana individu mengeksplorasi secara lebih mendalam dalam rangka menentukan pekerjaan yang diinginkan di antara banyaknya pilihan yang ada. Proses eksplorasi yang dilakukan dapat berupa mengambil pendidikan atau pelatihan lanjutan, ataupun mengeksplorasi diri melalui pengalaman kerja. Semakin banyak eksplorasi yang dilakukan, akan semakin spesifik pilihan pekerjaan yang diinginkan (Duane, 2002). Pada masing-masing tahapan, harus terdapat hubungan antara tuntutan tugas perkembangan karier dengan kepedulian terhadap karier. Derajat hubungan kedua aspek tersebut menunjukkan kematangan karier pada diri seseorang (Duane, 2002). Super (1957, 1980 dalam Coertse & Schepers, 2004) menyatakan bahwa aktivitas-aktivitas yang terdapat dalam setiap tugas perkembangan karier akan membuat kematangan karier semakin berkembang. Melewatkan salah satu tugas pada suatu tahapan perkembangan karier akan menghasilkan kesulitan pada tahapan perkembangan karier selanjutnya.