Abstrak
Efektivitas Rational Emotive Behavior Therapy Terhadap Penurunan Durasi Bermain Pemain Game Online Yang Mengalami Adiksi
Ratih Wijayanti Sudjiono
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
adiksi game online, Internet Gaming Disorder-20 Test (IGD-20 Test), Online Game Addiction, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk menurunkan durasi bermain pemain game online berusia dewasa awal yang mengalami adiksi. Adapun adiksi game online dipandang bukanlah sebagai keadaan yang berdiri sendiri, melainkan sebagai bentuk eskapisme terhadap situasi-situasi nyata yang dianggap mengancam diri dan menimbulkan ketidaknyamanan. Melalui game online, seseorang dapat merasa psychologically secure dengan adanya anonimitas, tertutupi kelemahan-kelemahan dirinya, memperoleh pengakuan dan penerimaan sosial yang tidak didapatkan di dunia nyata. Oleh karena itu tritrmen yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah REBT. REBT merupakan pendekatan terapi yang diciptakan oleh Albert Ellis yang menekankan pada keterkaitan antara pikiran, perasaan, dan tingkah laku, Harapan dengan diberikannya REBT adalah pemain memahami perasaan ketidaknyamanannya, dapat memahami bahwa hal tersebut merupakan suatu emosi negatif wajar pada diri setiap orang, terbangunnya insight dan self-acceptance, serta melakukan aktivitas-aktivitas yang sebelumnya dihindari. Dengan demikian, keterikatan terhadap game online menjadi berkurang dengan sendirinya, yang terwujud dalam penurunan durasi bermain. Rancangan penelitian ini adalah eksperimental semu, dengan melibatkan tiga partisipan penelitian berusia 23-25 tahun yang telah menunjukkan simptom adiksi game online selama lebih dari 1 tahun. REBT dilakukan dalam 6 sesi. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner Internet Gaming Disorder-20 Test. Adapun data durasi bermain selama 1 minggu akan dibandingkan sebelum dan sesudah diberikannya tritmen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa REBT efektif untuk menurunkan durasi bermain pada partisipan penelitian, Tidak hanya berkurang, namun juga dibawah 35 jam per minggu dan menunjukkan keberfungsian hidup, sehingga dapat dikatakan partisipan penelitian sudah tidak lagi mengalami adiksi game online.
This research intended to know the effectiveness of Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) in decreasing the duration of playing online game on addicted early adult. The online game addiction is viewed not as a stand-alone state, but rather as a form of escapism to real situations that are considered threatened themselves and cause discomfort. Through the online game, a person can feel psychologically secure with their anonymity, cover their weaknesses, gain recognition and social acceptance that is not found in the real world. Therefore, treatment is offered in this study is REBT. REBT is a therapeutic approach that was created by Albert Ellis that emphasizes the relationship between thoughts, feelings, and behavior. REBT is given with expectation to make the player to understand the feelings of discomfort, understand that it is a fair negative emotion in everyone, develop insight and self-acceptance, and perform activities that had previously been avoided. Therefore, the attachment to online gaming will be reduced by itself, which shown in decreased in the duration of play time duration. The study design was a quasi-experimental, involving three study participants aged 23-25 years who have shown symptoms of online games addiction for more than 1 year. REBT conducted in 6 sessions. Data was obtained through interviews, observation, and questionnaire Internet Gaming Disorder-20 Test. The data of playing duration in one week will be compared before and after treatment. The research result showed that REBT is effective to reduce the duration of the play on the research participants, not only reduced, but also under 35 hours per week and show the functioning of life, so we can say the study participants were no longer experiencing online gaming addiction.