Abstrak
Fenomena Iklan Baris Kesehatan Di Surat Kabar Lokal (Laporan Penelitian)
Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si., Dr. H. Aceng Abdullah, M,Si
Universitas Padjadjaran, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
iklan baris, kesehatan, media cetak, regulasi
Makin besarnya kebutuhan hidup sehat masyarakat terhadap kesehatan dimanfaatkan oleh para pelaku jasa kesehatan, baik untuk pengobatan maupun pencegahan, khususnya non medis yang bersifat tradisional, untuk mengiklankan diri. Iklan-iklan yang menawarkan jasa kesehatan tradisional ini pun kian merebak baik di media cetak, radio dan televisi lokal. Umumnya mereka mengiklankan diri di media massa yang tarif iklannya murah yakni dengan memasang iklan baris (iklan mini) yang bertarif murah. Jumlah mereka setiap hari dalam koran tertentu bisa sampai puluhan pengiklan yang menawarkan jasa pijat refleksi, kebugaran badan, terapi, dll. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik jasa kesehatan yang diiklankan melalui iklan baris di media lokal Bandung, latar belakang keahlian dan kemampuan pelaku jasa kesehatan, Latar belakang demografi serta untuk mengetahui kepuasaan para konsumen mereka.. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami situasi dan kondisi tentang apa yang terjadi dan dialami oleh subyek penelitian, seperti perilaku, persepsi, motivasi dan tindakan secara holistik dengan cara mendeskiripsikan dalam bentuk kata dalam konteks khusus yang alamiah dengan memanfaatkan metoda ilmiah. Luaran (output) yang diharapkan dari penelitian ini bermanfaat bagi pengembangan ilmu sosial, ilmu komunikasi khususnya komunikasi kesehatan maupun ilmu periklanan dan media massa. Juga diharapkan bermanfaat bagi pengelola iklan di media massa, bagi Dewan Pers sebagai pengawas media masa, serta pemerintah daerah khususnya Dinas Kesehatan yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengaturan jasa kesehatan perorangan yang mengiklankan diri di media massa. Penelitian ini telah mendapatkan berbagai informasi mengenai regulasi yang berkaitan dengan iklan kesehatan serta pengamatan awal terhadap objek penelitian yaitu koran lokal di Bandung dan Surabaya.