Abstrak RSS

Fenomena Iklan Baris Kesehatan Di Surat Kabar Lokal

Fenomena Iklan Baris Kesehatan Di Surat Kabar Lokal
Dadang Rahmat Hidayat, Aceng Abdullah
Universitas Padjadjaran, Jurnal Kajian Komunikasi ISSN 2303-2006 Volume 2, Nomor 2, Desember 2014, Halaman 105-206
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Kajian Komunikasi ISSN 2303-2006 Volume 2, Nomor 2, Desember 2014, Halaman 105-206
, , , , , , , , ,

Kebutuhan akan kesehatan dari masyarakat dimanfaatkan oleh para pelaku jasa kesehatan dengan mengiklankan jasa kesehatannya di media massa. Iklan-iklan yang menawarkan jasa kesehatan kian merebak baik di media cetak, radio dan televisi lokal. Di media cetak, umumnya mereka beriklan dalam bentuk iklan baris (iklan mini) yang tarifnya relatif murah. Jumlah iklan tersebut setiap hari di beberapa koran tertentu lumayan banyak pengiklan dengan menawarkan jasa pengobatan bermacam-macam seperti pengobatan alternatif, pijat refleksi, kebugaran badan, terapi, dan sebagainya.Penelitian yang menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui regulasi mengenai iklan jasa kesehatan dan praktik jasa kesehatan yang diiklankan melalui iklan baris di media lokal di Bandung dan Surabaya. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa regulasi yang berkaitan dengan iklan kesehatan di media massa yang belum komprehensif sehingga memberikan peluang adanya penyimpangan. Fenomena iklan baris kesehatan di koran lokal dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kesehatan sekaligus berpotensi digunakan sebagai kedok bagi perilaku sosial dan bisnis menyimpang yang tidak berhubungan dengan kesehatan itu sendiri. Media massa koran tidak selalu dipertimbangkan kebenaran dari substansi iklan baris tersebut, justru pertimbangan ekonomi menjadi lebih penting.

The need for the health of society is being exploited by the health services company to advertise their services in the mass media. Ads that offer health services increasing rapidly in all print media, radio and local television. Generally, in the print media, health services advertise in the form of classified ads (line adverts), which has a relatively inexpensive rate. The daily amount of advertising in some specific papers reveal that quite a lot advertisers offering services such as the treatment of a variety of alternative treatments, reflexology, body fitness, therapy, and so on. This study uses case study method with qualitative approach aims to find out the regulations on advertising of health services and the practice of health services advertised through classified ads in the local media in Bandung and Surabaya.The conclusions of this study indicate that the regulations on healthcare advertisements in the mass media have not been comprehensively done, which provide opportunities for some misconduct. The phenomenon of healthcare classified ads in local newspapers would be able to provide useful information for health but has the potential to be used as a cover for social and business deviant behavior unrelated to health itself. Newspaper’s financial consideration would disregard the substance truth of the classified ads.

Download: .Full Papers