Abstrak
Pengaruh Pemberian Musik Instrumental Kitaro Pada Nada Mayor Terhadap Peningkatan Kemampuan Reading Comprehension Jurnal
Sendi Etika Andini, Lastri Yeni Indra, M. Biyan Raka
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
cognitive, Kitaro, kognitif, music, musik, Reading Comprehension
Dalam suatu proses pembelajaran, Reading comprehension atau membaca dan memahami bacaan merupakan suatu kegiatan yang sangat penting. Namun, yang menjadi pertanyaan di sini adalah bagaiman cara untuk dapat meningkatkan pemahaman terhadap bacaan terutama jurnal bagi mahasiswa sebagai pihak –pihak yang berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak penelitian yang dilakukan mengenai kemampuan kognitif dan reading comprehension ini. Beberapa penelitian telah melibatkan adanya perlakuan berupa pemberian musik, terutama musik klasik. Musik klasik digunakan karena jenis musik ini dirasa mampu memberikan rasa rileks pada pendengarnya, sehingga membuat otak berada dalam kondisi gelombang alfa. Di lain pihak, musik instrumental kitaro dengan nada mayor juga termasuk pada jajaran musik yang mampu membawa seseorang pada kondisi yang tenang. Oleh karena itu, jenis musik ini kemudian diduga mampu membantu dalam peningkatan kemampuan seseorang untuk memahami bacaan. Adapun dalam penelitian ini, dilakukan suatu pengukuran kemampuan pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Angkatan 2012 dalam hal pemahaman terhadap jurnal. Pengukuran ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen between participant post-test only design, dengan jenis alat ukur yang digunakan berupa pengembangan teknik verifikasi kalimat (SVT). Hasil penghitungan dengan uji beda T-test menunjukkan nilai 1,956 yang mana nilai ini lebih besar daripada nilai pada table distribusi t (1,701). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian Musik Instrumental Kitaro pada nada mayor terhadap peningkatan kemampuan Reading Comprehension Jurnal meskipun peningkatan yang dihasilkan tidak signifikan.
On a learning process, reading and comprehending is one of the most important activity. But the question is how to develop reading comprehension ability particularly when we read journal for ollege student’s role as the party that roled to improve the science. In recent years, there is so many research about ability of cognitive and reading comprehension. Some involve a treatment with music especially classic music. Classic music considered as a music that can develop relax feeling of the listeners, so it can make our brainwave be on alpha state. In another hand, Kitaro Instrumental Music at major note is one of the music that can develop relax feeling. So, that’s why this kind of music expected can help to develop people’s reading comprehension. Later on this research, researcher do a measurement about ability comparison in journal reading comprehension of Faculty of Psychology at Padjadjaran University student’s. This measurement has been held by using experimental method “between participant post-test only design”, with using Sentence Verivication Technique (SVT) as the tools. The result show 1,956 as the T-est score which is higher than the score at t distribution table (1,701). So we can conclude that there is a relationship between Kitaro Instrumental Music as the treatment with increase of reading comprehension of journal, even it is not significant.