Abstrak RSS

Gambaran Bentuk Komitmen Organisasi pada Pekerja Associate Level Staff Generasi Y yang Bekerja di PT. Trans Retail Indonesia Wilayah Bandung.

Gambaran Bentuk Komitmen Organisasi pada Pekerja Associate Level Staff Generasi Y yang Bekerja di PT. Trans Retail Indonesia Wilayah Bandung.
Sri Anggita Hardiyanti Soelarso
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
, , , , ,

Generasi Y di dunia kerja digambarkan sebagai generasi yang tidak loyal, egois, dan membangun hubungan transaksional dengan perusahaan, sehingga generasi Y dikenal sebagai generasi yang merugikan perusahaan karena memiliki loyalitas yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran bentuk komitmen organisasi pada pekerja kerah biru generasi Y yang bekerja di PT. Trans Retail Indonesia wilayah Bandung. 106 pekerja associate level staff generasi Y dari seluruh gerai PT. Trans Retail Indonesia wilayah Bandung dipilih sebagai responden penelitian dengan menggunakan proportionate sampling method. Alat pengukuran berupa self-administered questionnaire dan analisis data secara statistik dilakukan dengan menggunakan SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dominansi dari dimensi komitmen organisasi-affective commitment, continuance commitment, dan normative commitment tersebar secara merata. Intensitas keterikatan yang terbentuk juga setara pada setiap dimensinya dengan tingkat keterikatan sedang. Berdasarkan data karakteristik personal, terdapat perbedaan yang signifikan pada masa kerja pekerja. Seluruh dimensi komitmen organisasi mencapai level tertinggi pada pekerja yang berada di establishment stage, dan menurun pada pekerja yang berada di advancement stage dan maintenance stage.

Generation Y is described as a work force with unique characteristics and has been labeled as a generation that causes excessive spending in corporations as their loyalty to organization is limited. The aim of this study was to describe the form of organizational commitment among blue collar workers from generation Y who work at PT. Trans Retail Indonesia in Bandung Region. 106 staff associate employees from Trans Retail Indonesia store in Bandung Region were chosen as respondent, using proportionate sampling method. The research data obtained through a self-administered questionnaire of organizational commitment. SPSS 21.0 for Windows was used to process the data statistically. The results of this study indicates that the dominance of the dimensions-affective commitment, continuance commitment, and normative commitment, spreads evenly. The intensity of the attachment formed in each dimension is also equivalent, with moderate intensity. Based on personal characteristics data, significant difference was found in respondents’ organizational tenure. All dimensions of organizational commitment reach the highest level in the establishment stage, and decreased in advancement stage and maintenance stage.

Download: .Full Papers