Abstrak 
BIROKRASI DAN PELAYANAN PUBLIK
Dr. Rahman Mulyawan
Unpad Press
Indonesia
Dr. Rahman Mulyawan, Unpad Press
PARADIGMA merupakan sekumpulan asumsi atau anggapan yang memungkinkan seseorang menciptakan realitasnya sendiri (Tjiptono F., 1997:34). Peningkatan pelayanan kepada masyarakat seperti yang terdapat dalam agenda Reinventing Government adalah pengembangan organisasi yang bermuara pada terwujudnya “a smaller, better, faster and cheaper government”. Osborne dan Gaebler (1993:12) seperti dikutip Sudarsono Hardjosoekarto dalam Manajemen Pembangunan, menyatakan bahwa agenda Reinventing Government ini bertumpu pada prinsip customer driven government (pemerintah berorientasi pada pelanggan). Instrumen dari prinsip di atas, menurut Sudarnono Hardjosoekarto adalah pembalikan mental model pada birokrat dari keadaan lebih suka dilayani menuju pada lebih suka melayani. Yang pertama menempatkan pemimpin puncak birokrasi berada pada piramida tertinggi dengan warga 83ourte (customer) berada pada posisi terbawah.