Abstrak
Kecerdasan Emosional pada Guru SD Inklusi di Kota Bandung
Alika Mutiara Dewi
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Anak Berkebutuhan Khusus, Children with Special Needs, Elementary School Teachers, emotional intelligence, Guru SD, Inclusive Schools, kecerdasan emosional, sekolah inklusi
Peran guru sangat penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah inklusi, yaitu sekolah regular yang menerima anak berkebutuhan khusus. SD Puteraco Indah di Kota Bandung merupakan salah satu sekolah yang memiliki anak berkebutuhan khusus dengan jumlah sangat banyak. Tidak jarang guru menemui masalah dalam menghadapi siswa-siswanya. Kecerdasan emosional merupakan kompetensi yang diperlukan guru untuk memahami diri sendiri dan orang lain dengan baik serta menghadapi tantangan serta masalah sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empirik mengenai gambaran kecerdasan emosional pada guru Sekolah Dasar Inklusi Puteraco Indah di Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Menggunakan teknik pengambilan sample jenuh dengan jumlah sebelas responden yaitu seluruh guru yang mengajar di SD Puteraco Indah. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner berbentuk self report sebanyak 132 item yang diturunkan dari teori Bar-On (2007). Hasil yang diperoleh, terdapat sembilan responden (82%) berada pada kategori tinggi, sisanya berada pada kategori sedang. Hal ini berarti bahwa sebagian besar guru memiliki kemampuan yang sangat baik dalam memahami diri sendiri, menjalin hubungan baik dengan orang lain serta mengatasi tantangan hidup. Dari kelima dimensi, hanya ada dua dimensi yang seluruh sub dimensi didominasi pada kategori tinggi. Dimensi tersebut adalah interpersonal dan general mood. Dari 15 sub dimensi, terdapat empat sub dimensi dengan sebagian besar guru berada pada kategori sedang antara lain independence, reality testing, flexibility serta impuls control.
The Role of Teachers are such an importance for successful learning processes in Inclusive Schools, which are regular schools that accept children with special needs. Bandung’s Puteraco Indah Elementary School is one example of an elementary school that has a lot of children with special needs. It is, therefore, not uncommon for teachers to find problems in facing their students. Emotional Intelligence is an important skill for teachers to understand themselves and other people better and to resolve everyday challenges. The purpose of this study was to gather empirical data regarding the emotional intelligence of teachers from Puteraco Indah Elementary Inclusive School, Bandung. This study employed a descriptive-quantitative study. The sampling technique used is saturated sampling technique given to 11 teachers from Puteraco Indah Elementary School. Questionnaires in the form of self reports were used, each containing 132 items adapted from Bar-On(2007). The results obtained showed 9 respondents (82%) were in the “high” category, and the others were in the “middle” category. This meant that the majority of teachers were very good in understanding themselves, having relationships with others and resolving everyday challenges. From the five dimensions, only two dimensions were dominated by “high”category results. The said dimensions were interpersonal and general mood. Of the 15 sub-dimensions, 4 of them were mostly dominated by “middle” category results. The said sub-dimensions were independence, reality testing, flexibility, and impulse control.