Abstrak RSS

Kegiatan Identifikasi Usaha Kecil Menengah (UKM)

Kegiatan Identifikasi Usaha Kecil Menengah (UKM)
Imas Soemaryani, S.E.,M.Si
Universitas Padjadjaran, Laboratorium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Laboratorium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memang tengah menjadi primadona. Alokasi anggaran untuk usaha ini hampir cukup besar dari Total Anggaran Pendapatan Belanja Daerah di setiap daerah. Banyak program yang telah dijalankan untuk memberdayakan UKM sejak hampir 20 tahun yang lalu, namun hasilnya sampai saat ini belum menggembirakan. Sehingga perlu dicarikan format baru yang berbeda dengan yang sebelumnya agar UKM tidak jalan di tempat. Dibutuhkan usaha-usaha strategik guna memberdayakan UKM agar dapat menjadi penopang perekonomian seperti yang terjadi di Jepang dan Taiwan. Kini UKM memiliki peluang untuk terus berkembang. Perkembangan UKM di Kota Bandung masih terhambat sejumlah persoalan. Beberapa hal yang masih menjadi penghambat dalam pengembangan UKM ditinjau dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal UKM, dimana penanganan masing-masing faktor harus bersinergi untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Download: .Full Papers