Abstrak RSS

Analisis Kompetensi Pedagogik Dosen D-III Kebidanan Dalam Perencanaan Pembelajaran Di Provinsi Banten

Analisis Kompetensi Pedagogik Dosen D-III Kebidanan Dalam Perencanaan Pembelajaran Di Provinsi Banten
Reni Nofita, Tina Dewi Judistiani, Rovina Ruslami
Universitas Padjadjaran, Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia, Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bidan 2015 Peranan Bidan Dalam 1000 hari pertama kehidupan, mewujudkan generasi berkualitas 7-9 Oktober 2015 Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, ISBN 978-979-8328-23-7
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia, Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bidan 2015 Peranan Bidan Dalam 1000 hari pertama kehidupan, mewujudkan generasi berkualitas 7-9 Oktober 2015 Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, ISBN 978-979-8328-23-7
, , ,

Capaian pembelajaan mahasi swa D-III Kebi danan cenderungrendah. Hal ini teri denttfikasi melalui hasil Uji Kompetensi Bidan Indonesia (UKBI) pada November 2013, yang mana hanya 53,5% peserta yang dinyatakan lulus, dengan standar nilai batas lulus 40,14. Untuk itu perlu peningkatan mutu proses belajar mengajar Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar adalah dengan menggali pengalaman pencapaian kompetensi pedagogik dosen D-117 Kebidanan dalam membuat perencanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan selama ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman pencapaian kompetensi pedagogik dosen D-III Kebidanan dalam perencanaan pembelajaran di 8 Program Studi Kebidanan Provinsi Banten. Rancangan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wmvancara mendalam dengan 16 responden yang terdiri dari sekretaris program studi, dosen pelaksana dan mahasiswa. Analisis data meliputi pembitatan catatan lapangan, studi dokumen, transkripsi wawancara mendalam, redukst koding, kategorisasi dan interpretasi hasil penelitian. Pada 8 Institusi D-III Kebidanan didapatkan hasil pencapaian kompetensi pedagogik dosen D-III Kebidanan dalam perencanaan sampai saat ini belum tercapai. Hal yang mempengaruhi ketidaktercapaiaannya aspek personal, aspek manajemen institusi. Aspek personal dipengaruhi oleh 3 variabel yaitu beban kerja, budaya kerja serta kemandirian dan kerjasama, sementara aspek manajemen institusi sangat dipengaruhi oleh kuota mahasiswa, kuota dosen, pendanaan, distribusi jam mengajar, pengajaran paralel, relevansi soal, kompensasi, supervisi institusi dan alokasi waktu. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa pencapaian kompetensi pedagogik dosen D-III Kebidanan dalam perencanaan pembelajaran sangat dipengaruhi aspek personal dan aspek manajemen institusi.

Learning achievements of students of the D-III Midwifery tend to be low. It is identified through the results of the Indonesian Midwives Competency Test (UKBI) in November 2013, of which only 53.5% of participants had graduete , although the standard limitation score graduation which published 40.14. It is necessary to improve the quality of teaching and learning process. One effort to improve the quality of teaching and learning process is to explore the experience of the achievement of pedagogical competence of lecturers D-III Midwifery in creating lesson plans that have been implemented over the years. The purpose of this study was explore the experience of the achievement of pedagogical competence of lecturers D-III Midwifery in lesson planning at 8 Midwifery Studies Program Banten Province. The study design qualitative method with phenomenological approach. Data collection technique used in-depth interviews with 16 respondents consisting of secretarial courses, implementing lecturer and student. Analysis of the data include the manufacture of field notes, study documents, transcription of interviews, reduction, coding, categorization and interpretation of research results. At 8 Institution D-HI Midwifery showed achievement pedagogical competence of lecturers D-III Midwifery in the planning to date has not been reached. Matters affecting not achieved personal aspects and institutional of management aspects. Personal aspects influenced by three variables: workload, work culture and self-reliance and cooperation, while aspects of the management of the institution is strongly influenced by the quota of students, the quota faculty, funding, distribution of teaching hours, teaching parallel, the relevance of a matter compensation, supervision institutions and allocation of time. The conclusion of this study that the achievement of pedagogical competence of lecturers D-III Midwifery in lesson planning is influenced aspects ofpersonal and institutional management aspects.

Download: .Full Papers