Abstrak RSS

Hubungan Antara Parental Attachment Dan Peer Attachment Pada Siswa Kelas VIII SMPIT As-syifa Boarding School, Subang

Hubungan Antara Parental Attachment Dan Peer Attachment Pada Siswa Kelas VIII SMPIT As-syifa Boarding School, Subang
Endita Ayumi Kartika, Laila Qodariah, M.Psi
Universitas Padjadjaran
Indonesia
Universitas Padjadjaran
, , ,

Menurut Armsden & Greenberg (1987), peer attachment adalah persepsi individu tentang sejauh mana ia dan teman-teman sebayanya dapat saling memahami, berkomunikasi dengan baik, dan mendapatkan rasa aman dan nyaman dari relasinya tersebut. Dalam mengembangkan attachment dengan teman sebaya, sekolah merupakan setting yang paling mendominasi sebagai tempat untuk bersosialisasi dengan teman sebaya. Saat ini banyak berkembang sistem pendidikan khusus di Indonesia seperti Sekolah Terpadu dan Boarding School (sekolah berasrama). Menurut Armsden & Greenberg (1987), salah satu faktor yang mempengaruhi relasi pertemanan pada saat remaja adalah hubungan attachment yang dibangun individu dengan orang tuanya. Dalam suatu penelitian, remaja yang secara kuat dekat dengan orang tua juga dekat dengan teman sebaya, begitu pula sebaliknya, remaja yang tidak dekat dengan orang tua juga tidak dekat dengan teman sebayanya (Armsden & Greenberg, 1984).

Download: .Full Papers