Abstrak
Perbedaan Kinerja Antara Dosen Bersertifikasi Dengan Belum Bersertifikasi Berdasarkan Balanced Scorecard Di Poltekkes Kemenkes Malang
Triatmi Andri Yanuarini, Tono Djuwantono, Agus Hadian Rahim
Universitas Padjadjaran, Jurnal Pendidikan Kesehatan Volume 2, No. 1, April 2013 ISSN. 301-4024
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Pendidikan Kesehatan Volume 2, No. 1, April 2013 ISSN. 301-4024
Balanced Scorecard, lecturer certification, performance
Rancangan penelitian ini adalah analitik komparatif dengan pendekatan potong silang. Subjek penelitian ini adalah 113 dosen dan 565 mahasiswa Poltekkes Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2012 dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis data meng¬gunakan uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa terhadap dosen bersertifikasi lebih tinggi bila dibandingkan dengan yang belum tersertifikasi (nilai p=0,03), hal yang sama terjadi balk pada kinerja proses internal (nilai p<0,001), kinerja pembelajaran dan pertumbuhan (nilai p<0, 001), kinerja keuangan (nilai p<0, 001) dan kinerja gabungan (nilai p<0, 001). Simpulan penelitian ini adalah dosen bersertifikasi mempunyai kinerja yang lebih balk dibandingkan dosen yang belum bersertifikasi. The design of this study was of analytical comparative cross-sectional approach. The subject of this study were 113 lecturers and 565 students of Malang Health Polytechnic. The study was con¬ducted in April-May 2012 using a questionnaire. The results of data analysis using the Mann-Whitney suggests that student satisfaction for certified lecturers is higher than not certified (p = 0.03), the same thing happens both on the performance of internal processes (p-value = 0.001), the performance of the learning and growth (p <0.001), financial performance (p<0.001), and the performance of the com¬bined (r) <0.001). The conclusions of this study are certified lecturers have a better performance than the not certified.