Abstrak RSS

Gambaran Self-Regulated Learning Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Pada Mata Kuliah Psikologi Sosial I

Gambaran Self-Regulated Learning Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Pada Mata Kuliah Psikologi Sosial I
Dinda Aulia Dwinanda
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
, , , ,

Sistem pendidikan di perguruan tinggi yang dikenal sebagai Satuan Kredit Semester (SKS) menunjukkan beban akademik dan kewajiban waktu yang harus dilakukan mahasiswa dalam belajar. Psikologi Sosial I termasuk mata kuliah yang memiliki beban akademik yang besar pada Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (Fapsi Unpad) dan mahasiswanya memiliki tanggung jawab untuk mampu memahami materi didalamnya. Data Sub Bagian Akademik menunjukkan bahwa dari angkatan 2009 hingga 2014, sebagian besar mahasiswa memperoleh nilai pada kategori C, D, E dan mata kuliah ini termasuk mata kuliah yang paling sering diulang oleh mahasiswa. Kemampuan mahasiswa dalam mengelola diri sangat dibutuhkan dalam mempelajari Psikologi Sosial I, hal inilah yang disebut dengan self-regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran self-regulated learning mahasiswa Fapsi Unpad pada mata kuliah Psikologi Sosial I. Teori yang digunakan adalah teori self-regulated learning dari Zimmerman. Rancangan penelitian bersifat kuantitaif non-eksperimental dengan metode deskriptif. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner yang dimodifikasi dari kuesioner self-regulated learning milik Syarifah Hidayah (2014) yang kemudian ditambahkan komponen self-regulated learning sesuai dengan pengembangan teori Zimmerman di tahun 2009 (Panadero, 2014). Kuesioner kemudian disebarkan secara langsung kepada 165 mahasiswa Fapsi Unpad angkatan 2013 dan 2014 menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 81.21% responden memiliki kemampuan self-regulated learning pada tingkat tinggi, artinya mereka mampu melakukan pengarahan diri serta berpartisipasi aktif pada aktivitas belajarnya di mata kuliah Psikologi Sosial I. Namun masih terdapat beberapa komponen self-regulated learning yang belum dijalani oleh sebagian besar mahasiswanya yang perlu mereka perbaiki dalam aktivitas belajarnya untuk mengoptimalkan proses belajar dan memperoleh hasil yang lebih baik.

The education system in college, known as Satuan Kredit Semester (SKS), shows the academic load and time obligation that must be performed by students in learning. Social Psychology I is one of the subjects with high academic load at the Faculty of Psychology, University of Padjadjaran (Fapsi Unpad) and students have the responsibility to be able to understand the material therein. Data from Academic Subdivision show that from class of 2009 to 2014, majority of students gained grades in categories C, D, E and this subject is one of the most frequently repeated subject by the students. Student’s ability to manage themselves is the most needed in studying Social Psychology I, it is called self-regulated learning. This study aimed to describe self-regulated learning of Fapsi Unpad students in Social Psychology I subject. The theory used is self-regulated learning theory by Zimmerman. This study used quantitative non-experimental approach with descriptive method. Measuring instruments used is questionnaire modified from the self-regulated learning questionnaire of Syarifah Hidayah (2014) with the addition of self-regulated learning components in accordance with the development theory of Zimmerman in 2009 (Panadero, 2014). The questionnaire was then distributed directly to 165 Fapsi Unpad students class of 2013 and 2014 using simple random sampling technique. The results showed that 81.21% of respondents have high level of self-regulated learning, meaning that they were capable of self-directing and had an active participation on learning activity in Social Psychology I subject. But there were still some components of self-regulated learning that had not been undertaken by most students that they need to improve in their learning activities in order to optimize the learning process and obtain better results.

Download: .Full Papers