Abstrak
Perancangan Instrumen Pengukuran Keseimbangan Gerakan Tubuh Melalui Permainan Sondah
Stefani Anggun Primasari
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
hopscotch., Instrumen Pengukuran Keseimbangan Gerakan Tubuh, Instrument for body balance measurement, permainan tradisional, Sondah/Engklek, sustained attention, traditional game
Penelitian ini merupakan perancangan dan evaluasi suatu instrumen pengukuran keseimbangan gerakan tubuh menggunakan media permainan tradisional yaitu sondah/engklek yang bertujuan untuk menggambarkan profil keseimbangan gerakan tubuh pada siswa kelas satu di salah satu sekolah dasar swasta yang berjumlah 53 siswa. Dengan mengembangkan teori keseimbangan gerakan tubuh yang dikemukakan oleh Sally Goddard Blythe (2009), didapatkan butir-butir observasi yang mampu melihat keseimbangan statis dan keseimbangan dinamis. Instrumen yang dibuat dalam penelitian ini terdiri dari enam butir observasi dan enam skala penilaian yang berisi kriteria-kriteria yang dapat menggambarkan kualitas gerakan pada siswa. Instrumen ini telah melalui tahap uji coba yang dilakukan pada 15 anak dengan karakteristik yang sama. Pengujian reliabilitas dengan intraclass correlation (ICC) menunjukkan bahwa masing-masing butir observasi memiliki reliabilitas yang baik (rxx = 0.872 – 0.963). Berdasarkan hasil penelitian, disusun saran pengembangan yang dapat dilakukan oleh praktisi di bidang pendidikan untuk dapat memberikan stimulasi keseimbangan gerakan tubuh pada siswa sekolah dasar.
This research is a design and evaluation of an instrument for body balance measurement using traditional game media called hopscotch. The objective of this research is to get a mapping of body action balance profile on 53 first grade private elementary school students. The development of body action balance theory which is proposed by Sally Goddard Blythe (2009) gave observation points which can observe static and dynamic balance. The instrument which is developed in this research consists of 6 observation points and 6 grading scale which contained the criteria that can map the action quality of the students. This instrument has passed the trial test on 15 students with the same characteristics. Reliability test by inter class correlation (ICC) shown that each observation point has a good reliability (rxx = 0.872 – 0.963). A development recommendation is made from the result of this research that can be done by educational expert to give a stimulus of body action balance on elementary school students.