Abstrak
Motivasi Belajar Sebagai Mediator Antara Academic Self-efficacy Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran 2016
Tita Dewi Rosita
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
academic achievement., Academic self-efficacy, learning motivation, motivasi belajar, prestasi akademik
Prestasi akademik merupakan suatu hal yang dianggap penting bagi kebanyakan orang. Salah satu faktor yang terbukti berperan dalam prestasi akademik adalah academic self-efficacy yang dimiliki siswa. Selain memiliki pengaruh terhadap prestasi akademik, academic self-efficacy juga memiliki andil dalam motivasi belajar siswa yang juga berperan dalam baik- buruknya prestasi akademk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh motivasi belajar terhadap hubungan sebab-akibat antara academic self-efficacy dengan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Subjek pada penelitian ini adalah 212 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran angkatan 2015, 2014, dan 2013. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan menggunakan rancangan korelasional dengan teknik sampel berupa haphazard sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan dua buah kuesioner, yaitu kuesioner academic self-efficacy, yang terdiri dari 18 item, dan kuesioner motivasi belajar, yang juga terdiri dari 18 item. Sedangkan data prestasi akademik diambil dari data IPK responden. Kemudian pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi model mediasi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada mahasiswa tahun kedua dan tahun ketiga motivasi belajar memiliki peranan sebagai mediator antara academic self-efficacy dengan prestasi akademik, dimana kehadiran motivasi belajar dapat meningkatkan pengaruh academic self-efficacy terhadap prestasi akademik.
Many people have considered that academic achievement is an important thing. One of the factor is self-efficacy of students which proven have a role in the academic achievement. In the other hand, academic self-efficacy also has contribution of students’ learning motivation that decide about good or bad of students’ academic achievement. The purpose of this research is to know about the influence of learning motivation toward relation of cause and effects between academic self-efficacy with academic achievement of students of Psychology Faculty in Padjadjaran University. The subject in this research are 212 students of Psychology Faculty in Padjadjaran University in the academic year 2015, 2014 and 2013. This research has used quantitative method and correlational approach to collect and analyze the data. Moreover, haphazard sampling is a technique sampling that have been used in this research. The collecting data in this research has done by giving two questionnaires. That questionnaires are about academic self-efficacy questionnaire that consist of 18 items and learning motivation questionnaire that also consist of 18 items. Meanwhile, data of academic achievement has collected by students’ GPA. Then, data analysis has finished by using method analysis of simple mediation model of regression. The result from this research has showed that the students in the second and third academic year in learning motivation have a role as mediator between academic self-efficacy with academic achievement. The appearance of learning motivation is able to enhance the influence of self-efficacy toward academic achievement.