Abstrak
Studi Komparatif Mengenai Kemandirian Emosional Pada Siswa Sma Yang Tinggal Di Asrama Dan Yang Tinggal Dengan Orangtua
Ma'rifah Larasati
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Kemandirian Emosional
Kemandirian emosional berkaitan dengan perubahan kedekatan hubungan individual, khususnya dengan orang tua. Kemandirian emosional didasarkan pada empat dimensi, yaitu deidealized, parents as people, non-dependency, dan individuation Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan tingkat kemandirian emosional antara siswa SMA yang tinggal di asrama dan yang tinggal dengan orangtuanya. Penelitian ini merupakan studi komparatif. Responden penelitian ini adalah siswa SPK SMA Pribadi Bilingual Boarding School, yang terdiri dari 57 siswa yang tinggal di asrama dan 42 siswa yang tinggal dengan orangtua. Data yang didapatkan diolah menggunakan statistik uji Mann Whitney melalui SPSS 22 for windows. Hasil yang didapatkan adalah p-value sebesar 0,927 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat kemandirian emosional pada siswa SPK SMA Pribadi Bilingual Boarding School yang tinggal di asrama dan yang tinggal dengan orang tua. Secara umum siswa SPK SMA Pribadi Bilingual Boarding School masuk ke dalam kategori lebih memiliki kemandirian emosional.