Abstrak
Self-regulation Dan Engagement Mahasiswa Dalam Pengerjaan Skripsi
Hasna Qanita Millahwati, Surya Cahyadi, Heri Susanto
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Engagement, self regulation, skripsi
Dalam pelaksanaan skripsi, kebanyakan aktivitas pengerjaannya dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa. Mata kuliah skripsi tidak memiliki jadwal perkuliahan rutin seperti mata kuliah lain pada umumnya. Untuk dapat melaksanakan pengerjaan skripsi secara rutin dan konsisten, mahasiswa perlu untuk mengatur dirinya secara mandiri dalam mengerjakan skripsi. Penelitian ini mengkaji mengenai pengaturan diri (self-regulation) dan keterlibatan (engagement) mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Responden pada penelitian ini 128 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran yang sedang menyusun skripsi. Data diperoleh menggunakan dua buah kuesioner yaitu kuesioner self-regulation dalam pengerjaan skripsi (Cronbach’s ? = 0.01) dan kuesioner engagement terhadap skripsi (Cronbach’s ? = 0.01). Data diolah menggunakan analisis korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara self-regulation dan engagement dalam pengerjaan skripsi (r= 0,509; p=0,000). Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi self-regulation mahasiswa pada pengerjaan skripsi maka akan semakin tinggi pula engagement mahasiswa tersebut terhadap skripsinya. Hasil penelitian ini juga menunjukan korelasi positif antara self-regulation dengan setiap aspek engagement yaitu behavioral engagement, (r=0,450; p=0,000), cognitive engagement (r=0,388; p=0,000), dan emotional engagement (r=0,419; p=0,000). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa semakin mahasiswa mengatur dirinya dalam pengerjaan skripsi maka mahasiswa akan semakin terlibat (engage) dalam proses pengerjaan skripsinya. Oleh karena itu, pengembangan self-regulation mahasiswa perlu dilakukan untuk mendorong keterlibatan mahasiswa dalam pengerjaan skripsi.