Abstrak RSS

Kualitas Jasa Pelayanan Warung Tradisional Di Tengah Persaingan Global (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Kualitas Jasa Pelayanan Warung Tradisional di Tengah Persaingan dengan Minimarket)

Kualitas Jasa Pelayanan Warung Tradisional Di Tengah Persaingan Global (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Kualitas Jasa Pelayanan Warung Tradisional di Tengah Persaingan dengan Minimarket)
Purwanti Hadisiwi, M. Kh. Rakhman
Universitas Padjadjaran, Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 2, No. 2, Desember 2014, hlm 118-125
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 2, No. 2, Desember 2014, hlm 118-125
, , , ,

Indonesia mulai membuka kebijakan investasi asing di sektor usaha ritel pada tahun 1998. Dengan berlakunya kebijakan ini, pengusaha ritel asing mulai menancapkan kukunya di Indonesia. Salah satu bisnis yang berkembang dengan pesat mulai saat itu adalah pembangunan pasar modern dengan ragam jenisnya seperti hyper-, super-, dan minimarket. Seiring dengan munculnya pasar-pasar modem tersebut, waning-waning tradisional rumahan mulai terdesak. Penelitian ini mengkaji lima aspek kualitas jasa pelayanan waning tradisional, yaitu: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waning tradisional mempunyai tingkat kualitas jasa pelayanan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan waning modem, yang dalam hal ini adalah minimarket. Penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif ini memberikan gambaran bahwa sektor usaha kecil dan menengah (bisnis waning rumahan) secara perlahan akan tersingkirkan dari persaingan global jika tidak ada upaya-upaya penanganan yang serius untuk mempertahankannya.

Indonesia began to open foreign investment policy in the retail business sector in 1998. With the enactment of this policy, foreign retailers began to put their power in Indonesia. One business that grew rapidly from then on is building a modern market such as hypemarket, supermarket , and minimarket. Along with the emergence of modern markets, the traditional home-based little store started to go down. This study examines five aspects of service quality of traditional little store, namely: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Empathy. The results showed that the traditional little store have the level of service quality is lower when compared with modern store, which in this case is minimarket. Research using qualitative description suggests that small and medium-sized business sector (home-based store business) will slowly eliminated from global competition if there are no efforts to keep it serious treatment.

Download: .Full Papers