Abstrak
Pengaruh Musik terhadap Emosi pada Karyawan (Studi Eksperimental Mengenai Pengaruh Musik Mode Mayor terhadap Emosi pada Karyawan PT XXX)
Retika Najmamulat Asih
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
arousal, Emosi, Emotion, level of arousal, level of pleasure, major mode music, musik mode mayor, pleasure
Karyawan PT XXX yang mana dalam pekerjaannya dituntut untuk berinteraksi langsung dengan konsumen menunjukkan adanya perilaku yang tidak sepantasnya dilakukan oleh karyawan terhadap konsumennya. Dari hasil wawancara, didapatkan data bahwa karyawan PT XXX seringkali merasa frustrasi, kesal, dan marah. Perasaan tersebut merupakan bentuk dari reaksi emosi yang dapat ditinjau dari dua dimensi, yaitu dimensi pleasure dan arousal, yang mana taraf pleasure adalah negatif dan arousal adalah netral. Reaksi emosi yang terjadi termasuk negatif sehingga menciptakan suasana hati yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, untuk memunculkan reaksi emosi yang positif digunakan musik mode mayor. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental dengan desain one group pretest-posttest design. Variabel bebas penelitian adalah musik mode mayor dan variabel terikat adalah emosi, diukur dengan alat ukur Self-Assessment Manikin berdasarkan teori dari Mehrabian & Russell (dalam Bakker et al, 2014). Penelitian dilakukan terhadap 50 karyawan PT XXX yang sesuai dengan karakteristik sampel yang telah ditentukan. Dari hasil pengambilan data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks dengan taraf kepercayaan ? = 0,05, didapatkan nilai signifikansi 0.00 pada dimensi pleasure dan 0.025 pada dimensi arousal sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kedua dimensi antara sebelum dan setelah mendengarkan musik mode mayor. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari musik mode mayor terhadap emosi pada karyawan PT XXX.
The employee of PT XXX whom are required to work by directly interacting with consumers had shown inappropriate behavior towards their own consumers. Based on interviews, the employee admitted that they oftenly feel frustrated, annoyed, and angry. Those feelings are a form of emotional reactions which can be viewed in two dimensions, that are pleasure and arousal. By feeling frustrated, annoyed, and angry, means that there’s a negative level of pleasure along with a neutral level of arousal. This showed that employee’s emotional reaction is negative and this could lead to negative mood. Therefore, major mode music is being used to bring out positive emotional reactions for the employee of PT XXX. This research is using experimental approach with one group pretest-posttest as the research design. The independent variable for this research is major mode music, while the dependent variable is emotion that being measured by Self-Assessment Manikin based on Mehrabian and Russell (in Bakker et al, 2014) theory. The research itself had been done to 50 employees of PT XXX who met all the sample characteristics. Wilcoxon Signed Ranks test with confidence level ? = 0,05 is used and the research found that the significance value for the dimension of pleasure is 0.00, while significance value for the dimension of arousal is 0.025. This could be concluded that there is a significant difference for both dimensions between before listening to major mode music and after that. This showed that there’s an influence of major mode music to emotion on PT XXX’s employees.