Abstrak
Gambaran Academic Self-Management pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
Onylla Meininda
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Academic Self Management, mahasiswa, perguruan tinggi, self-management
Kesuksesan mahasiswa dalam bidang akademik tidak hanya tidak hanya ditentukan oleh faktor intelegensi yang dimilikinya, namun juga karena strategi-strategi yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut untuk mengelola faktor-faktor yang memengaruhi proses belajar mereka. Berdasarkan fenomena yang terjadi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, beberapa mahasiswa merasa kesulitan untuk menyeimbangkan kegiatan akademik dan non-akademiknya. Pada penelitian ini, peneliti mendeskripsikan gambaran academic self-management pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, academic self-management menjabarkan strategi-strategi yang digunakan oleh mahasiswa untuk mengontrol faktor motivasi, perilaku dan proses belajar mereka. Menggunakan teknik convenience sampling, sebanyak 249 mahasiswa (79% perempuan dan 21% laki-laki) yang terdiri dari tujuh angkatan (2% angkatan 2010, 3% angkatan 2011, 12% angkatan 2012, 20% angkatan 2013, 19% angkatan 2014, 21% angkatan 2015 dan 23% angkatan 2016) berpartisipasi dalam penelitian ini. Alat ukut academic self-management yang terdiri dari 48 aitem disebarkan kepada partisipan dan hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran tergolong pada academic self-management sedang.