Abstrak
Gambaran Intensi Mencontek Selama Kuliah Di Universitas X Pada Mahasiswa Universitas X
Ilham Phalosa Reswara
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Cheating, college student, intensi, Intention, mahasiswa, Mencontek, Theory of Planned Behavior
Mencontek merupakan sebuah perilaku yang melanggar peraturan dan cukup banyak terjadi di kalangan mahasiswa pada berbagai universitas, termasuk Universitas X. Mencontek juga berhubungan erat dengan berbagai perilaku tidak etis lainnya. Oleh karena itu, perlu diketahui apa saja yang menjadi penyebab dari perilaku tersebut. Sebuah perilaku, yaitu mencontek, dapat diprediksi dengan mengetahui intensinya dengan menggunakan theory of planned behavior. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan intensi serta determinan dan beliefs yang berkontribusi dalam perilaku mencontek selama kuliah di Universitas X. Penelitian ini ditujukan pada mahasiswa Universitas X berjumlah 223 orang menggunakan kuisioner online dengan alat ukur yang dibuat oleh peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik regresi dalam analisis statistik nya guna mengetahui signifikansi setiap determinan dan belief. Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa determinan yang berpengaruh adalah attitude toward behavior dengan belief yang paling signifikan adalah “mencontek selama kuliah di Universitas X dapat membantu mendapatkan nilai yang bagus tanpa perlu belajar mati-matian”.
Cheating is a law-breaking behavior and quite often happened in college students in several universities, including Universitas X. Cheating also strongly related to other unethical behaviors. Therefore, what cause such a behavior is need to be known. A behavior, cheating, can be predicted by knowing it’s intention using Theory of Planned Behavior. Therefore, present study is attempted to describe intention and it’s determinants and beliefs that contributes to cheating behavior during study in Universitas X. The participants were 223 college students using online questionnaire which the inventory was made by researcher. Present study is a descriptive research using regression to describe significance of each determinants and beliefs. It was found that determinant which had significant influence was attitude toward behavior and the most significant belief was “cheating during learn in Universitas X can help having good grade without study hard”