Abstrak RSS

Ras dan Sejarah Iklan Sabun : “Rezim Pandangan”

Ras dan Sejarah Iklan Sabun : “Rezim Pandangan”
Aquarini Priyatna Prabasmoro
Universitas Padjadjaran, www.jalasutra.com
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, www.jalasutra.com

Iklan sabun bergantung pada gagasan kebersihan dan ke-putih-an. Sabun adalah agen pembersihan barang (clean) dan juga pembersihan kulit (cleanse), dan begitu gagasan mengenai kebersihan berkait dengan gagasan budaya/alam, kelas dan ras, sabun menjadi agen pembersihan kultural, kelas, dan rasial dan pada saat yang sama putih ditegaskan kembali sebagai yang disukai. Hal ini berlaku terutama dalam kasus sabun mandi atau sabun kecantikan. Pertanyaan yang saya gali pada bab 2 adalah : bagaimana ras/rasisme menjadi berhubungan dengan iklan sabun? Bagaimana gagasan putih dan ke-putih-an menjadi tidak terpisahkan dari gagasan putih sebagai ras dalam iklan sabun? Bagaimana gagasan putih dan ke-putih-an direpresentasi dalam sejarah awal sabun dan iklan sabun? Dan apakah gagasan rasial putih dan ke-putih-an masih dianggap lazim?

Download: .Full Papers