Abstrak
Penerapan Quality Function Deployment (QFD) Dalam Upaya Memperbaiki Kinerja Pelayanan Asrama Sekolah Kebidanan Di STIKES Rajawali
Lani Gumilang
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Asrama, Quality Function Deployment (QFD), Serqual. House of Quality
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan kajian tentang kebutuhan konsumen (customer needs/requirement berdasarkan servqual mahasiswa asrama sekolah kebidanan di STIKES Rajawali. Kedua menghasilkan kajian tentang technical atribute berdasarkan servqual manajemen asrama sekolah kebidanan di STIKES Rajawali, ketiga menganalisis apa saja yang sudah dilakukan pesaing STIKES Rajawali dan keempat untuk menghasilkan model house of quality dari pelayanan asrama sekolah kebidanan di STIKES Rajawali. House of quality ini menggunakan 5 dimensi kualitas jasa meliputi: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Metode penelitiannya menggunakan studi kasus. Data primer dengan membagikan 90 mahasiswa STIKES Rajawali dan 149 mahasiswa asrama sekolah kebidanan di wilayah Bandung sebagai benchmarking, kemudian untuk pengelola asrama STIKES Rajawali sebanyak 25 orang dan 49 pengelola asrama wilayah Bandung. Metode penentuan sampel menggunakan proportional sampling. Hasil penelitian didapatkan ada 16 atribut dari 41 atribut kebutuhan konsumen (customer needs/requirements) yang dibutuhkan oleh mahasiswa asrama sekolah kebidanan di STIKES Rajawali yang berdasarkan servqual. Sehingga ada 16 technical atributes yang dibutuhkan oleh pengelola untuk memperbaiki pelayanan asrama. Berdasarkan analisis pesaing, customer rating STIKES Rajawali mendapatkan nilai rata-rata 2 yaitu tidak memuaskan. House of quality dari pelayanan asrama sekolah kebidanan di STIKES Rajawali (terlampir di lampiran).