Abstrak
Peran Emosi Terhadap Self-regulation Mahasiswa Dalam Pengerjaan Skripsi (The Role Of Emotions On Students’ Self-regulation In Skripsi Writing)
Surya Cahyadi
Universitas Padjadjaran, Indonesian Journal of Applied Science vol 4 no 2 -2014
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Indonesian Journal of Applied Science vol 4 no 2 -2014
Emotion, self regulation, skripsi
Pada pengerjaan skripsi, berbagai pengalaman emosi dapat dialami oleh mahasiswa sebagai reaksi terhadap berbagai situasi yang dihadapinya. Pengalaman emosi tersebut dapat mempengaruhi fungsi-fungsi psikologis dan pada akhirnya akan mempengaruhi performa mahasiswa dalam pengerjaan skripsi. Salah satu fungsi psikologis yang cukup penting pada pelaksanaan pengerjaan skripsi yang bersifat mandiri adalah self-regulation. Pada penelitian ini akan dikaji mengenai peran emosi terhadap self-regulation mahasiswa dalam pengerjaan skripsi. Responden pada penelitian ini adalah 204 mahasiswa fakultas psikologi dari tiga universitas di Bandung. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden dan dianalisis dengan menggunakan tehnik regresi berganda. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa pada situasi pengerjaan skripsi, seluruh emosi-emosi positif yang tercakup pada penelitian ini yaitu menikmati, berharap, bangga, dan lega meningkatkan self-regulation mahasiswa. Empat dari lima emosi negatif pada penelitian ini yaitu marah, cemas, bosan, dan putus asa menurunkan self-regulation mahasiswa dalam pengerjaan skripsi. Sementara, perasaan malu tidak memiliki pengaruh terhadap self-regulation. Berdasarkan hasil-hasil yang diperoleh pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa emosi mempengaruhi self-regulation sesuai dengan valensi emosi tersebut. Dalam hal ini emosi-emosi positif akan meningkatkan self-regulation mahasiswa, sedangkan emosi-emosi negatif akan menurunkan self-regulation mahasiswa.
Many emotions can be experienced by student as their reaction to many situations in skripsi writing. Those emotional experiences can influence students’ psychological fungtioning and will affect to their performance. One of important psychological fungtioning in skripsi writing is self-regulation. This research examine the role of emotions experienced by students’ on their self-regulation in skripsi writing. 204 psychology department students’ from three universities participate in this research. Questionaires used to collect data and analize with multiple regression analysis. In this reseach, all positive emotions (enjoyment, hope, pride, and relief) positively influence self-regulation. Four of five negative emotions (anger, anxiety, boredom, and hopelessness) negatively influence self-regulation. Shame has no significant effect on self-regulation. According to the results, we can conclude that students’ emotions affect their selfregulation in skripsi writing, depend on their valence. Positive emotions increase self-regulation and negative emotions decrease self-regulation, except for shame has no effect on self-regulation.