Abstrak
Rancangan Program Intervensi dengan Menggunakan Prinsip-Prinsip Parent-Child Interaction Therapy untuk Menurunkan Sibling Rivalry pada Remaja yang Memiliki Adik dengan Intellectual Disability
Septhi Karlina Utami
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Adolescent, intellectual disability, Parent-Child Interaction Therapy (PCIT), remaja, sibling relationship, Sibling Rivalry
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh suatu rancangan program intervensi dengan menggunakan prinsip-prinsip Parent-Child Interaction Therapy (PCIT) yang dapat menurunkan sibling rivalry pada remaja yang memiliki adik dengan intellectual disability. PCIT merupakan intervensi yang efektif untuk mengatasi masalah pada aspek sosial, emosi, dan tingkah laku. PCIT yang dikembangkan oleh Eyberg (1970) memanfaatkan teori kelekatan, gaya pengasuhan dan teori belajar sosial dalam prosedur pelaksanannya. Dalam PCIT, orang tua diajarkan cara-cara baru dalam berinteraksi dengan anak-anak mereka dalam situasi bermain. Orang tua dilatihkan untuk dapat membentuk kelekatan yang positif dan memberikan perintah secara efektif. Pada penelitian ini, setelah dilakukan perancangan program intervensi kemudian divalidasi oleh ahli, maka diperoleh program intervensi yang dapat digunakan untuk menurunkan sibling rivalry pada remaja yang memiliki adik dengan intellectual disability. Setelah melakukan perancangan, dilakukan uji coba dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan A-B-A design. Pada penelitian ini dilibatkan dua pasangan ibu dan anak (remaja) yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan alat ukur berupa kuesioner. Alat ukur yang digunakan adalah Kuesioner Sibling Rivalry dan Dyadic Parent-Child Interaction Coding System III (DPICS-III). Kedua alat ukur ini digunakan di setiap pertemuan. Dari data kuantitatif hasil uji coba program intervensi, terlihat adanya penurunan sibling rivalry dan peningkatan kemampuan ibu dalam menerapkan keterampilanketerampilan PCIT. Dari data kualitatif didapatkan bahwa keterampilan PCIT yang dikuasai ibu dan diterapkan dalam pengasuhan sehari-hari membuat anak merasa dihargai dan mengurangi rasa cemburu, marah dan bersaing dengan adiknya.
The purpose of this research was to obtain an intervention program design by using Parent-Child Interaction Therapy (PCIT) principles which could lower/decrease sibling rivalry in adolescent who has younger sibling with intellectual disability. PCIT is an effective intervention to resolve problems in social, emotion, and behavior aspects. PCIT was developed by Eyberg (1970). PCIT implementation procedure used attachment theory, parenting style and social learning theory. In PCIT, parents were taught new ways to interact with their children in play condition(?). Parents were trained to be able to form positive attachment and to give instruction effectively. In this research, firstly, researcher designed the intervention program. The design was validated by experts, then in the final stage researcher obtained an intervention program which could be used to lower sibling rivalry in adolescent who has younger sibling with intellectual disability. After designing the program, researcher then tried the program out using quasi experimental method with A-B-A design. This research involved 2 pairs of mother and children (adolescents) through use of purposive sampling. The data was obtained through interviews, observation, and measurement tools in the form of questionnaire. The measurement tools were Sibling Rivalry questionnaire and Dyadic Parent-Child Interaction Coding System III (DPICSIII). Both of them were used in every meeting with the subjects. From the quantitative data obtained through the try out, there was decline in sibling rivalry and increase in mother’s ability to apply PCIT skills. Meanwhile the qualitative data showed that PCIT skills mastered and applied by the mothers in daily basis parenting made the children to feel valued and could decrease jealousy, anger, and sense of competition with their siblings.