Abstrak RSS

Rancangan Modul Pembelajaran Mandiri dalam Menanggulangi Perasaan Berduka Pada Spouse Caregiver Penderita Gagal Ginjal Kronis.

Rancangan Modul Pembelajaran Mandiri dalam Menanggulangi Perasaan Berduka Pada Spouse Caregiver Penderita Gagal Ginjal Kronis.
Erwin Fazrin
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
, , ,

Penelitian ini merupakan penelitian perancangan modul pembelajaran mandiri bagi para spouse caregiver dari pasien penderita gagal ginjal kronis. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh suatu rancangan modul pembelajaran mandiri sebagai suatu intervensi dalam menanggulangi perasaan berduka yang dialami oleh para spouse caregiver penderita gagal ginjal kronis. Rancangan modul pembelajaran ini sebelumnya diawali dengan pengukuran terhadap perasaan berduka yang dialami oleh para spouse caregiver. Pengukuran yang digunakan berupa kuesioner mengenai perasaan berduka (anticipatory grief) yang diadaptasi dari Marwit-Meuser Caregiver Grief Inventory-Short Form (2002). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perasaan berduka atau grief, yang terdiri dari tiga dimensi yaitu perasaan sedih atas pengorbanan yang telah dilakukan, perasaan hampa, dan perasaan takut dan hilangnya keterhubungan dengan lingkungan luar. Hasil studi awal tersebut dijadikan sebagai acuan peneliti untuk menyusun dan mengembangkan suatu Modul Pembelajaran Mandiri bagi para spouse caregiver yang mengalami perasaan berduka selama merawat pasangannya yang menderita gagal ginjal kronis. Rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus, single case experimental. Rancangan modul pembelajaran mandiri terbagi kedalam 5 bagian utama yaitu mengenal perasaan berduka, mengenal perasaan sendiri, manajemen peran, dan manajemen krisis. Subjek dalam penelitian ini adalah empat spouse caregiver (30 – 40 tahun) dengan lama merawat pasangan kurang dari 12 bulan. Selain itu, keempat spouse caregiver tersebut mengalami perasaan berduka dalam kategori sedang dan tinggi, berdasarkan hasil pengukuran dari kuesioner perasaan berduka. Para spouse caregiver ini diambil berdasarkan purposive sampling. Selain sebagai subjek uji coba, keempat responden juga diminta untuk memberikan penilaian mengenai kelayakan dari modul yang telah disusun sebelumnya. Hasil uji kelayakan kemudian dilakukan analisis deskriptif secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh suatu kesimpulan bahwa rancangan modul pembelajaran mandiri yang telah disusun, layak untuk diberikan kepada para spouse caregiver yang mengalami perasaan berduka, dengan beberapa perubahan dari segi penyusunan materi, penggunaan bahasa, dan lay out modul.

The research was conducted to design a module for the Chronic Kidney Disease spouse caregiver whose dealing with anticipatory grief (Marwit & Meuser, 2002). The purposed of the research is to construct a scientific self-learning module as a psychological intervention for dealing with anticipatory grief. By using a single-case experimental case study research, the research begins with need assessment to the chronic kidney disease spouse caregiver. The need assessment was focused on anticipatory grief which measured by Marwit-Meuser Caregiver Gried Inventory-Short Form (MMCGI-SF). First, the MMCGI-SF were converted to Bahasa Indonesia and validated by experts. By using the anticipatory grief variables (personal sacrifice & burden, heartfelt sadness, and worry felt and isolation) from Marwit & Meuser (2002), the learning needs were constructed as the first step to draw up a self-education module. After the module arranged, the feasibility is performed to four spouse caregivers with high level of grief. Moreover, the subjects were selected by the duration of being a spouse caregiver with minimum educational background graduated from high school. The result of the feasibility test shows that the self-education module was feasible to be given to the spouse caregiver for improvising the way they deal with anticipatory grief. The self-education module can be used as an option for psychological intervention to deal with grief, as long as the module were revised according to the subject’s commentaries.

Download: .Full Papers