Abstrak
Pemetaan Korosifitas Baja Karbon Pada Kondisi Atmosferik Kawasan Waduk Cirata
Sri Suryaningsih, Tb. A. Benito, Sunardi
Universitas Padjadjaran, Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng & DIY, 25 April 2015
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng & DIY, 25 April 2015
atmospheric environment, baja karbon, carbon steel, corrosion rate, laju korosi, lingkungan atmosferik, reservoirs, waduk
Waduk Cirata merupakan bagian dari waduk kaskade yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan tenaga listrik, kegiatan perikanan, penyediaan air pertanian dan pariwisata.Aktivitas ini mempengaruhi kualitas udara sekitar perairan waduk dan berdampak terutama pada peralatan pembangkit tenaga listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat korosi pada baja karbon SS400 di lingkungan atmosfer kawasan waduk. Pengukuran laju korosi baja karbon SS400 menggunakan metode kehilangan berat pada spesimen yang terpapar untuk jangka waktu 1 bulan selama 4 bulan. Laju Korosi baja karbon yang telah dipapar di lingkungan atmosfer waduk berkisar antara 0,0181 – 0,6512 mm/tahun dengan rata-rata laju korosi berkisar antara 0,0356 – 0,5010 mm/tahun. Berdasarkan uji SEM–EDS, morfologi permukaan baja karbon mengalami kerusakan korosi yang merata terutama di lingkungan Tailrace PLTA.
Cirata is part of a cascade reservoirs are built to meet the needs of electric power, fishery activities, agricultural water supply and tourism.This activity affects the air quality around the waters of the reservoir and the impact mainly on power generation equipment. This study aims to determine the corrosion rate of carbon steel SS400 in the atmospheric environment of the reservoir. Measurement of the corrosion rate of carbon steel SS400 using the weight loss method on specimens exposed for a period of 1 month for 4 months. The corrosion rate of carbon steel that has been exposed in the atmospheric reservoir ranged from 0.0181 to 0.6512 mm/year with an average corrosion rate ranged from 0.0356 to 0.5010 mm/year. Based on the test SEM-EDS, the surface morphology of carbon steel corrosion damage evenly, especially in the Tailrace environtment of the hydropower plants.