Abstrak
Pengaruh Buklet Dan Ceramah Tanya Jawab Terhadap Pengetahuan Mengenai Deteksi Kanker Serviks
Sri Wisnu Wardani, Tita Husnitawati Madjid, Sari Puspa Dewi
Universitas Padjadjaran, Jurnal Asuhan Ibu & Anak Volume 2 Nomor 1 Februari 2017
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Asuhan Ibu & Anak Volume 2 Nomor 1 Februari 2017
booklet, buklet, ceramah tanya jawab, Health education, interactive lecturer, knowledge, pendidikan kesehatan, pengetahuan
Pemahaman masyarakat yang terbatas mengenai kanker serviks merupakan penyebab mendasar perkembangan kanker serviks. Upaya untuk meningkatkannya perlu dilakukan melalui pendidikan kesehatan (Pendkes) menggunakan media dan metoda yang efektif diantaranya buklet dan ceramah tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan pengetahuan mengenai deteksi dini kanker serviks menggunakan buklet dan ceramah tanya jawab. Penelitian dirancang dengan pendekatan quasi eksperimen dengan control group pre and posttest design terhadap 124 responden. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney, Wilcoxon dan Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buklet dan ceramah tanya jawab secara bermakna dapat meningkatkan pengetahuan dibandingkan ceramah tanya jawab saja (p<0,05). Pendidikan kesehatan melalui ceramah tanya jawab berisiko 1,538 kali menyebabkan pengetahuan rendah. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buklet dan ceramah tanya jawab berpengaruh lebih baik dalam meningkatkan pengetahuan ibu mengenai deteksi dini kanker serviks. Limited understanding of public about cervical cancer is a fundamental cause development of cervical cancer. The efforts to improve can be done through health education using the effective media and methode.The purpose of this study was to analyze influence of health education using booklet and interactive lecturer on knowledge towards the early detection of cervical cancer. This study used a quasi-experimental approach with control group pretest and postest design, conducted on 124 respondents. Data were analyzed using Mann Whitney, Wilcoxon and Chi Square Tests.The results showed that health education using booklet could improve knowledge significantly in the treatment group than the control (p <0.05). Health education by interactive lecture alone was more risky to lower knowledge 1.538 times in the control group than the booklet group (p<0.05). This study concluded that health education using booklet and interactive lecture gives a better impact on improving knowledge related to detection of cervical cancer.